eprintid: 81070 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/10/70 datestamp: 2024-02-28 02:16:46 lastmod: 2024-02-28 02:16:46 status_changed: 2024-02-28 02:16:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alya, Nahama title: PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA DI KELAS III SD NEGERI COKROKUSUMAN 1 ispublished: pub subjects: pendidikan_ips subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Peserta didik berbeda-beda dalam bakat atau pembawaannya, terutama karena pengaruh lingkungan sosial yang berlainan. Hakikat pembelajaran IPS yang bertujuan membantu siswa menjadi warga negara yang baik dan memiliki kecerdasan sosial dalam memaksimalkan perannya di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Mata pelajaran IPS diharapkan mampu menjadi jembatan pendidik untuk menyelamatkan sekaligus menjaga nilai-nilai sikap sosial siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Peserta didik kelas SD Negeri Cokrokusuman memiliki keberagaman individu yang besar, sehingga mendorong peneliti meneliti lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran IPS yang dilakukan guru untuk menanamkan sikap sosial pada siswa tersebut. Subjek dalam penelitian Deskriptif ini adalah siswa kelas III SD Negeri Cokrokusuman berjumlah 9 siswa dan satu guru IPS Kelas III SD Negeri Cokrokusuman. Objek dalam penelitian ini adalah sikap sosial siswa dan pembelajaran IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS dapat ditanamkan dengan strategi pembelajaran IPS yang digunakan guru, dan kemampuan guru dalam memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, dan ketika memberikan kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai sikap sosial di awal pembelajaran. Selain itu terlihat pula dari penggunaan media pembelajaran IPS dan alat evaluasi yang digunakan guru untuk menilai sikap sosial siswa. Kejujuran, Sopan santun, toleransi, Disiplin diri, dan tolong menolong, dst, menjadi indikasi penilaian Sikap sosial siswa. Kata Kunci: Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran IPS, Penanaman Sikap Sosial. date: 2024-02-28 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Alya, Nahama (2024) PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA DI KELAS III SD NEGERI COKROKUSUMAN 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/81070/1/SKRIPSI%20-NAHAMA%20ALYA%20-16108249001.pdf