%0 Thesis %9 S2 %A ALIFIYARTI, TISSA %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Pendidikan Dasar %D 2023 %F UNY:81063 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %K Kata Kunci: activity book, pemahaman konsep, tanggung jawab %T Pengembangan Activity Book Materi Sila Pancasila Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD %U http://eprints.uny.ac.id/81063/ %X : . Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji kelayakan activity book dalam meningkatkan pemahaman konsep dan sikap tanggung jawab siswa kelas III SD; 2) menguji kepraktisan activity book dalam meningkatkan pemahaman konsep dan sikap tanggung jawab siswa kelas III SD; 3) menguji efektivitas media activity book dalam meningkatkan pemahaman konsep dan sikap tanggung jawab siswa kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall dengan tahapan: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi uji coba lebih luas, uji coba lapangan operasional, penyempurnaan produk akhir, dan desiminasi dan penyebaran produk. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Kapanewon Temon, Kulon Progo. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, validasi ahli media, validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, angket sikap tanggung jawab, dan soal tes pemahaman konsep sila Pancasila. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji-t sampel independen, uji-t sampel berpasangan, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) produk activity book yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kelayakan oleh ahli materi pada skor 4,6 dengan kategori “sangat layak” dan ahli media pada skor 4.13 dengan kategori “layak”; 2) produk activity book yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kepraktisan pada uji coba lapangan awal, uji coba lapangan luas, dan uji coba lapangan operasional. Kriteria kepraktisan pada uji coba lapangan awal dari respon guru sebesar 4,3 pada kategori “sangat praktis” dan respon siswa sebesar 4,4 dengan kategori “sangat praktis”. Kriteria kepraktisan pada uji coba lapangan luas dari respon guru sebesar 4,4 pada kategori “sangat praktis” dan respon siswa sebesar 4,5 pada kategori “sangat praktis”. Kriteria kepraktisan pada uji pada coba lapangan operasional dari respon guru sebesar 4,5 pada kategori “sangat praktis” dan respon siswa sebesar 4,6 pada kategori “sangat praktis”. 3) Keefektivan produk berdasarkan uji-t sampel independen variabel pemahaman konsep diperoleh nilai signifikansi 0,029 < 0,05, sedangkan variabel tanggung jawab diperoleh nilai signifikansi 0,030 < 0,05. Hasil uji-t sampel berpasangan variabel pemahaman konsep diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan variabel tanggung jawab diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi 0,024 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa activity book efektif meningkatkan pemahaman konsep dan sikap tanggung jawab siswa kelas III SD.