%0 Thesis
%9 S2
%A ALIFIYARTI, TISSA
%A Universitas Negeri Yogyakarta,
%B Pendidikan Dasar
%D 2023
%F UNY:81063
%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
%K Kata Kunci: activity book, pemahaman konsep, tanggung jawab
%T Pengembangan Activity Book Materi Sila Pancasila Untuk  Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD
%U http://eprints.uny.ac.id/81063/
%X : .  Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas  Negeri Yogyakarta, 2023.  Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji kelayakan activity book dalam  meningkatkan pemahaman konsep dan sikap tanggung jawab siswa kelas III SD; 2)  menguji kepraktisan activity book dalam meningkatkan pemahaman konsep dan  sikap tanggung jawab siswa kelas III SD; 3) menguji efektivitas media activity book  dalam meningkatkan pemahaman konsep dan sikap tanggung jawab siswa kelas III  SD.  Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang  mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall dengan tahapan: penelitian dan  pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba  lapangan awal, revisi uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi uji  coba lebih luas, uji coba lapangan operasional, penyempurnaan produk akhir, dan  desiminasi dan penyebaran produk. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar  Kapanewon Temon, Kulon Progo. Pengumpulan data melalui observasi,  wawancara, validasi ahli media, validasi ahli materi, angket respon guru, angket  respon siswa, angket sikap tanggung jawab, dan soal tes pemahaman konsep sila  Pancasila. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji-t sampel independen,  uji-t sampel berpasangan, dan uji MANOVA.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) produk activity book yang dihasilkan  telah memenuhi kriteria kelayakan oleh ahli materi pada skor 4,6 dengan kategori  “sangat layak” dan ahli media pada skor 4.13 dengan kategori “layak”; 2) produk  activity book yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kepraktisan pada uji coba  lapangan awal, uji coba lapangan luas, dan uji coba lapangan operasional. Kriteria  kepraktisan pada uji coba lapangan awal dari respon guru sebesar 4,3 pada kategori  “sangat praktis” dan respon siswa sebesar 4,4 dengan kategori “sangat praktis”.  Kriteria kepraktisan pada uji coba lapangan luas dari respon guru sebesar 4,4 pada  kategori “sangat praktis” dan respon siswa sebesar 4,5 pada kategori “sangat  praktis”. Kriteria kepraktisan pada uji pada coba lapangan operasional dari respon  guru sebesar 4,5 pada kategori “sangat praktis” dan respon siswa sebesar 4,6 pada  kategori “sangat praktis”. 3) Keefektivan produk berdasarkan uji-t sampel  independen variabel pemahaman konsep diperoleh nilai signifikansi 0,029 < 0,05,  sedangkan variabel tanggung jawab diperoleh nilai signifikansi 0,030 < 0,05. Hasil  uji-t sampel berpasangan variabel pemahaman konsep diperoleh nilai signifikansi  0,000 < 0,05, sedangkan variabel tanggung jawab diperoleh nilai signifikansi 0,000  < 0,05. Hasil uji MANOVA diperoleh nilai signifikansi 0,024 < 0,05. Hasil ini  menunjukkan bahwa activity book efektif meningkatkan pemahaman konsep dan  sikap tanggung jawab siswa kelas III SD.