%0 Thesis %9 S2 %A MAHMUDAH, WAHYU NITASARI %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Pendidikan Dasar %D 2023 %F UNY:81060 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %K Kata kunci: hasil belajar Matematika, self efficacy, self regulated learning,perhatian orangtua %T Pengaruh Self Efficacy, Self Regulated Learning dan Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas V Di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen %U http://eprints.uny.ac.id/81060/ %X Hasil belajar Matematika yang rendah akan mempengaruhi kecerdasan intelektual siswa secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui signifikansi pengaruh parsial self efficacy terhadap hasil belajar Matematika; (2) mengetahui signifikansi pengaruh parsial self regulated learning terhadap hasil belajar Matematika; (3) mengetahui signifikansi pengaruh parsial perhatian orangtua terhadap hasil belajar Matematika (4) mengetahui signifikansi pengaruh simultan self efficacy, self regulated learning dan perhatian orangtua terhadap hasil belajar Matematika;. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen sebanyak 639 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 246 siswa. Analisis dilakukan dengan bantuan SPSS 26.0. Kuesioner valid karena berdasarkan uji validitas instrumen diperoleh r hitung seluruh item > r tabel sebesar 0,300. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa keempat variabel dinyatakan reliabel atau konsisten, nilai cronbach's alpha value lebih besar dari 0,60. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas menggunakan metode kolomogrof smirnov, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa (1) self efficacy secara parsial berpengaruh signifikan sebesar 24,3% terhadap hasil belajar Matematika; (2) self regulated learning secara parsial berpengaruh signifikan sebesar 20 %, terhadap hasil belajar Matematika; (3) perhatian orangtua secara parsial berpengaruh signifikan sebesar 55%, terhadap hasil belajar Matematika, (4) self efficacy,self regulated learning dan perhatian orangtua secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 46,8% terhadap hasil belajar Matematika.