@phdthesis{UNY81059, year = {2023}, author = {Yunita Miftahul Jannah}, month = {January}, title = {Studi Komparatif Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Materi Bangun Ruang Kelas V di SDN 1 Wonocoyo Dan SDN 1 Kedunglurah}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, keywords = {Kata Kunci: studi komparatif, model pembelajaran RME, bangun ruang}, url = {http://eprints.uny.ac.id/81059/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan penerapan RME (Realistic Mathematic Education) pada proses pembelajaran materi bangun ruang di SDN 1 Kedunglurah; (2) untuk mendeskripsikan penerapan RME (Realistic Mathematic Education) pada proses pembelajaran materi bangun ruang di SDN 1 Wonocoyo; (3) untuk mendeskripsikan komparasi komparasi dari penerapan RME (Realistic Mathematic Education) materi bangun ruang pada proses pembelajaran di SDN 1 Kedunglurah dan SDN 1 Wonocoyo. Jenis penelitian ini termasuk penelitian komparatif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Wonocoyo dan SDN 1 Kedunglurah. Partisipan penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji credibility, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (Sugiyono, 2015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan implementasi model pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) hampir sama. Perbedaan yang signifikan terlihat pada prinsip, karakteristik, dan tahap penerapannya. SDN 1 Kedunglurah prinsip pembelajarannya lebih fokus ke penemuan terbimbing sedangkan, SDN 1 Wonocoyo prinsip pembelajarannya condong ke menghubungkan pengetahuan informal menuju matematika formal. Karakteristik penerapan di SDN 1 Kedunglurah adalah memberikan kesempatan siswa menyelesaikan sedangkan, SDN 1 Wonocoyo menonjolkan penggunaan kontekstual. Tahap penerapan di SDN 1 Kedunglurah terdiri atas 5 langkah sedangkan, tahap-tahap penerapan di SDN 1 Wonocoyo mencakup 4 tahap. Media pembelajaran yang digunakan di SDN 1 Kedunglurah merupakan replikasi media pembelajaran. Berbeda dengan SDN 1 Wonocoyo yang sering menggunakan benda real sebagai media pembelajaran.} }