%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A Leonardo Errick, Pradika %A Ch. Enny, Murwaningtyas %D 2012 %F UNY:8105 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %K Bangun Ruang Sisi Datar, Remediasi, Program Cabri 3D %P 1-10 %T ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII I SMP N 1 KARANGANYAR DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR SERTA UPAYA REMEDIASINYA DENGAN MEDIA BANTU PROGRAM CABRI 3D %U http://eprints.uny.ac.id/8105/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal Bangun Ruang Sisi Datar, mengetahui faktor penyebab kesalahan tersebut, serta mengupayakan remediasi dengan menggunakan media bantu program Cabri 3D. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII I SMP N 1 Karanganyar Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara tes tertulis dan wawancara. Dari data tes tertulis dan wawancara dapat diketahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa, sehingga peneliti dapat mengupayakan remediasi berdasarkan jenis kesalahan dan faktor penyebabnya dengan media bantu program Cabri 3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa secara umum terletak pada kesalahan dalam memahami apa yang diketahui dari soal dan kesulitan dalam memvisualisasikan Bangun Ruang Sisi Datar, terutama dalam memahami bentuk, unsur-unsur, dan sifat bangun ruang sisi datar. Dari hasil pembelajaran remedial menggunakan media bantu program Cabri 3D dapat disimpulkan bahwa siswa cukup terbantu untuk memperbaiki kesalahannya. Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Remediasi, Program Cabri 3D