@phdthesis{UNY81038, year = {2024}, title = {PENGEMBANGAN SKALA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR}, author = {Eklisia Nurul Hanifah}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, month = {February}, abstract = {Penelitian ini berdasarkan oleh jarang tersedianya skala kedisiplinan belajar yang valid dan reliabel. Penelitian ini bertujuan menghasilkan skala psikologi untuk mengukur kedisiplinan belajar yang memenuhi standar psikometris. Standar psikometris meliputi validitas isi, validitas konvergen, validitas diskriminan, serta reliabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan skala psikologi oleh Saifuddin Azwar, dengan prosedur pengembangan skala yaitu: 1) identifikasi tujuan ukur, 2) operasionalisasi konsep, 3) penskalaan yang juga meliputi pemilihan format, 4) penulisan butir atau aitem, 5) pengambilan data, 6) analisis aitem, 7) menyeleksi aitem, dan 8) uji validitas serta reliabilitas. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Gondokusuman. Jumlah populasi sebanyak 393 siswa. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 200 siswa yang dipilih secara acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan analisis faktor eksploratori. Hasil uji validitas yang meliputi validitas konvergen dan validitas diskriminan dinyatakan valid dengan nilai mencapai standar yang ditetapkan. Hasil uji reliabilitas omega juga mencapai standar yang ditetapkan. Dari kedua uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa skala kedisiplinan belajar yang dihasilkan memenuhi kedua standar psikometris yaitu valid dan reliabel. . Kata kunci : validitas isi, validitas konvergen, diskriminan, dan reliabilitas.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/81038/} }