%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A Laela Sagita, M.Sc %A Widi, Asturi %D 2012 %F UNY:8103 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %K Metode kooperatif tipe Teams Game Tournament, travel game, karakter positif, prestasi belajar matematika %P 1-12 %T UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER POSITIF SISWA DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TRAVEL GAME DI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/8103/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter positif dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan prisma dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan bantuan travel game pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Yogyakarta pada tahun 2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif pada pokok bahasan prisma dan objek penelitian ini adalah karakter positif dan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, kuis, tes presatsi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber, yaitu hasil observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, kuis, tes presatsi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa : (1) Pembelajaran kooperatif dengan bantuan travel game dapat meningkatkan karakter positif siswa kelas VIIIA SMP Negeri 14 Yogyakarta. Presentasi karakter positif pada siklus I 68,68% dan pada siklus II 77,03%, (2) pembelajaran kooperatif meningkatkan presatasi belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 14 Yogyakarta dari nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 46,65 dengan ketuntasan awal sebesar 18,75% menjadi nilai rata-rata kelas sebesar 74,5 dengan ketuntasan sebesar 62,5 % pada sisklus I, dan nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus II sebesar 82,5 dengan ketuntasan 87,5%. Kata Kunci : Metode kooperatif tipe Teams Game Tournament, travel game, karakter positif, prestasi belajar matematika.