%0 Journal Article %@ 978-979-16353-8-7 %A La, Moma %D 2012 %F UNY:8102 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa %K Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Generatif %P 1-10 %T MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF SISWA SMP %U http://eprints.uny.ac.id/8102/ %X Untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP diperlukan suatu model pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran, maka diperlukan suatu model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan yang dimaksudkan adalah model pembelajaran generatif (generative learning model). Pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran berbasis konstruktivisme, yang lebih menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Model pembelajaran generatif menuntut siswa untuk aktif dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Selain itu, siswa juga diberi kebebasan untuk mengungkap ide atau gagasan dan alasan terhadap permasalahan yang diberikan sehingga akan lebih memahami pengetahuan yang dibentuknya sendiri dan proses pembelajaran yang dilakukan akan lebih optimal. Model pembelajaran generatif terdiri dari lima tahap yakni: (1) tahap orientasi; (2) tahap pengungkapan ide; (3) tahap tantangan dan restrukturisasi; (4) tahap penerapan; (5) tahap melihat kembali. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Generatif