%I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %L UNY81013 %A Slamet Rahayu %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Mangunjayan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Model pembelajaran CIRC merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan pelajaran membaca kepada siswa dengan memberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan temannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Mangunjayan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Mangunjayan. Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa didukung oleh peran guru sebagai fasilitator dan keterlibatan siswa dalam bekerja sama tim mengerjakan tugas. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa ditunjukkan dengan meningkatnya persentase siswa yang berhasil mencapai nilai KKM. Pada pratindakan sebesar 31,57%, siklus I 52,63% dan siklus II 84,21%. Kata kunci: membaca pemahaman, model pembelajaran CIRC %D 2024 %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 SISWA KELAS V SD NEGERI MANGUNJAYAN