%T ANALISIS KESESUAIAN ISI, MOD EL KETERPADUAN MATERI IPA, DAN PENILAIAN KOGNITIF BERDASARKAN TUNTUTAN SK DAN KD PADABUKU PELAJARAN IPAUNTUK SMP KELAS VIII %D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian keterpaduan IPA dalam buku dengan salah satu model keterpaduan yang ada, mengetahui kesesuaian materi dalam buku teks IPA dengan kebenaran konsep IPA, mengetahui kesesuaian penilaian yang ada dalam buku teks dengan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang diajarkan, serta untuk mengetahui kesesuaian materi dengan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang akan diajarkan dalam buku ajar IPA Terpadu kelas VIII. Penelitian ini mer upakan penelitian analisis isi dengan menggunakan dokumen sebagai objek penelitian. Rancangan penelitian menggunakan teknik analisis isi untuk mendeskripsikan secara objektif, sistematis, dan komunikatif dalam menarik kesimpulan dari sebuah buku atau dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua buku yang digunakan guru SMP kelas VIII di Kabupaten Bantul. Sampel pada penelitian ini adalah satu buku yang digunakan di SMP N 1 Piyungan. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu dengan pertimbangan bahwa buku tersebut paling banyak digunak an guru sebagai bahan ajar di berbagai SMP di kabupaten Bantul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat model keterpaduan yang digunakan pada buku yang dianalisis, masih ditemukan beberapa kesalahan atau kurang lengkap pada konsep yang disajikan , kompetensi dasar yang paling ba nyak dituntut dalam penilaian kognitif untuk kelas 8 adalah tingkatan C2 dan unt uk soal tipe ini ditemukan di dalam buku yang dianalisis dengan jumlah beragam di tiap babnya. Serta kesesuaian materi dengan SK dan KD sudah cukup tinggi. Kata kunci: Kesesuaian, Isi, Model kete rpaduan, Penilaian kognitif. %K Kesesuaian, Isi, Model kete rpaduan, Penilaian kognitif. %A Yunita Afrilia %L UNY8101