TY - JOUR PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY EP - 16 JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa KW - identifikasi KW - evaluasi KW - kesalahan siswa KW - bilangan berpangkat ID - UNY8097 Y1 - 2012/11/10/ SN - 978-979-16353-8-7 AV - public TI - IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS X PADA EVALUASI MATERI SIFAT-SIFAT BILANGAN BERPANGKAT DENGAN PANGKAT BILANGAN BULAT DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA A1 - Kholida, Agustin A1 - Yulia, Linguistika SP - 1 UR - http://www.uny.ac.id N2 - Salah satu tahapan dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu alat untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Evaluasi materi sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bilangan bulat (meliputi pangkat bilangan bulat positif, pangkat bilangan bulat negatif dan pangkat nol) di kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dilakukan dengan instrumen tes uraian. Pemilihan tes uraian ini diharapkan dapat menunjukkan letak kesulitan atau kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan siswa kelas X pada evaluasi materi sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bilangan bulat di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian dimulai dengan pembuatan instrumen tes sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Langkah selanjutnya adalah pembuatan kunci jawaban beserta rubrik penskorannya. Instrumen tes tersebut kemudian diajukan kepada guru pembimbing untuk memperoleh saran. Setelah instrumen direvisi, kemudian dilaksanakan evaluasi di kelas. Selanjutnya praktikan mengoreksi hasil evaluasi dan mengidentifikasi kesalahan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X pada evaluasi bilangan berpangkat dengan pangkat bilangan bulat. Identifikasi tersebut kemudian diikuti dengan proses refleksi baik dari pihak mahasiswa praktikan, guru, maupun siswa agar dapat menjadi bahan perbaikan untuk pembelajaran yang akan datang. Kata kunci : identifikasi, evaluasi, kesalahan siswa, bilangan berpangkat ER -