@article{UNY8096, year = {2012}, journal = {Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa}, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, pages = {1--12}, title = {MEREDUKSI MATHEMATICS ANXIETY DAN MENYUBURKAN PROBLEM SOLVING ABILITY DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING}, author = {M.Pd Ketut Sutame and S.Pd Harpinto}, month = {November}, abstract = {Pemerintah menghendaki pembelajaran matematika di sekolah menengah mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif (Permendiknas No. 22 tahun 2006) dan pembelajaran yang menyenangkan (Permendiknas No. 41 tahun 2007). Pembelajaran yang mampu mendorong berpikir kritis dan kreatif tersebut adalah pembelajaran yang mengarahkan siswa pada permasalahan non rutin yakni problem solving ability (Glazer, 2001: 14). Pembelajaran yang menyenangkan bermakna pembelajaran yang mampu mereduksi mathematics anxiety. Salah satu pendekatan pembelajaran yang mampu mereduksi mathematics anxiety adalah pendekatan problem posing ((Brown \& Walter, 2005: 166-167), (Akay \& Boz (2008:1279)). Selain itu, problem posing juga mampu meningkatkan problem solving ability ((Tugrul Kar, Ercan Ozdemir, Ali Sabri Ipek, dan Mustafa Albayrak (2010)), Reda Abu-Elwan El Sayed (1996), Xiaogang Xia, Chuanhan L{\"u},Bingyi Wang (2008)). Kata Kunci: Mathematics Anxiety, problem solving ability, problem posing.}, keywords = { Mathematics Anxiety, problem solving ability, problem posing}, url = {http://eprints.uny.ac.id/8096/} }