%0 Thesis %9 S2 %A Mareta, Reza %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Pendidikan Dasar %D 2024 %F UNY:80932 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %K Kata Kunci: E-modul interaktif, Kearifan local, motivasi, kemandirian belajar %T PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD SEGUGUS AMBARKETAWANG KECAMATAN GAMPING %U http://eprints.uny.ac.id/80932/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan E-modul interaktif berbasis kearifn local yang layak untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian siswa kelas IV SD Segugus Ambarketawang Kecamatan Gamping, (2) Menghasilkan E-Modul Interaktif Berbasis Kearifan Lokal yang praktis untuk meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Segugus Ambarketawang, dan (3) Mengetahui keefektifan E-Modul Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Segugus Ambarketawang. Penelitian ini adalah research and development yang menerapkan model ADDIE dengan 5 tahapan pengembangan yaitu: Analisys, Design, Development, Implementation , dan Evaluation. Subjek Uji Coba dalam penelitian berasal dari SD segugus Ambarketawang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji t, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul interaktif yang dihasilkan mendapat nilai rata-rata 3,60 dan memenuhi kriteria ―Sangat Layak‖ menurut penilaian ahli media dan ahli materi, (2) E-modul interaktif yang dihasilkan mendapat skor rata-rata 3,4 dan memenuhi kriteria ―Sangat Praktis‖ menurut angket respon guru, serta mendapatkan nilai rata-rata 10,3 memenuhi kriteria ―Sangat Praktis‖ menurut angket respon siswa; (3) E-modul interaktif efektif dalam meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas IV SD Segugus Ambarketwang Kecamatan Gamping. Hasil pengujian uji-t dan uji hipotesis MANOVA pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa E-modul interaktif tersebut dapat meningkatkan motiasi dan kemandirian belajar siswa kelas IV SD secara signifikan dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,05