<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery\r\nLearning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman\r\nKonsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2."^^ . "penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) media virtual laboratory berbasis\r\nmodel discovery learning yang memenuhi kriteria kelayakkan, (2) mengetahui\r\nkepraktisan produk saat digunakan siswa, (3) mengetahui keefektifan media untuk\r\nmeningkatkan pemahaman konsep sains dan literasi sains.\r\nPenelitian ini merupakan Research and Development dilaksanakan di SD Negeri\r\nMejing 2, Kecamatan Gamping, Yogyakarta. Tahapan pengembangan penelitian\r\nmengacu pada 5 Tahapan ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari 50 siswa kelas IV\r\nsekolah dasar. Tahap pertama adalah analisis lapangan, mendesain media\r\nberdasarkan hasil analisis, membuat media sesuai desain dan melakukan uji coba,\r\nmengimplikasikan media pada subyek, dan melakukan evaluasi. Pengumpulan data\r\nmelalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data diperoleh berdasarkan\r\nanalisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berdasarkan\r\nwawancara dan observasi awal. Data kuantitatif diperoleh dari skala penilaian ahli\r\nmedia, ahli materi, respon siswa, respon guru, soal pemahaman konsep sains, dan\r\nsoal literasi sains.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media virtual laboratory berbasis model\r\ndiscovery learning memperoleh skor 3,73 dan dinyatakan layak oleh ahli media\r\ndengan kriteria sangat baik. Media virtual laboratory berbasis model discovery\r\nlearning juga memperoleh skor 3,67 oleh ahli materi dengan kriteria sangat baik;\r\n(2) media virtual laboratory berbasis model discovery learning dinyatakan\r\nmemenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan uji coba subjek pada siswa dan guru\r\npada uji coba perorangan, uji kelas kecil, dan uji coba lapangan; (3) media virtual\r\nlaboratory berbasis model discovery learning yang dihasilkan telah memenuhi\r\nkriteria efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep sains dan literasi sains\r\nsiswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini berdasarkan hasil skor N-gain menunjukkan\r\nbahwa nilai pemahaman konsep sains dan literasi sains siswa di kelas eskperimen\r\nlebih tinggi dari pada kelompok kontrol. Hasil uji t dan uji MANOVA menunjukkan\r\nbahwa media virtual laboratory berbasis model discovery learning dapat\r\nmeningkatkan pemahaman konsep sains dan literasi sains siswa kelas IV sekolah\r\ndasar dengan nilai sig 0,000 (p≤0,05)."^^ . "2024-02-22" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Astri"^^ . "Widyasari"^^ . "Astri Widyasari"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery\r\nLearning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman\r\nKonsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2. (Text)"^^ . . . "Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery\r\nLearning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman\r\nKonsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery\r\nLearning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman\r\nKonsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery\r\nLearning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman\r\nKonsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery\r\nLearning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman\r\nKonsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2. (Other)"^^ . . . . . . "Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery\r\nLearning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman\r\nKonsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #80929 \n\nPengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery \nLearning Pada Perubahan Energi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman \nKonsep Sains dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mejing 2.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Dasar"@en . .