TY - JOUR KW - Kemampuan Representasi Matematis KW - Pembelajaran Kontekstual KW - Integrasi Soft Skill ID - UNY8087 SN - 978-979-16353-8-7 Y1 - 2012/11/10/ N2 - Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa sebagai akibat dari penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill dan pembelajaran konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VIII SMP dari tiga SMP di Kota Ternate yang tergolong dalam kategori sekolah tinggi, sedang, dan rendah. Pada masing-masing sekolah dipilih secara acak dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan awal matematik, tes kemampuan representasi matematis, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan klaster sekolah terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis. Hasil analisis terhadap data observasi dan wawancara menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keberanian untuk mengemukakan argumen dan kemampuan bertanya lanjut. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Kontekstual, Integrasi Soft Skill EP - 10 PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY A1 - In Hi, Abdullah SP - 1 TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL YANG TERINTEGRASI DENGAN SOFT SKILL AV - public UR - http://www.uny.ac.id JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa ER -