TY - THES AV - restricted A1 - Aeni, Oktafia Nur TI - PENGARUH METODE PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SAWIT BANTUL PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ID - UNY80840 Y1 - 2024/02/13/ UR - http://eprints.uny.ac.id/80840/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Sawit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Exsperimental atau pra eksperimen one group pretest-post test design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sawit yang berjumlah 21 anak. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan uji Wilcoxon. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode permainan bisik berantai terhadap keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Sawit. Hal ini tampak pada nilai hasil pretest sebelum menerapkan metode bisik berantai yaitu mencapai 50,00. Di banding dengan nilai rata-rata setelah menggunakan metode bisik berantai mencapai 77,86. Hal ini menunjukkan kemampuan siswa meningkat setelah menggunakan metode bisik berantai. Selain itu, berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Hal ini membuktikan bahwa metode permainan bisik berantai berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Sawit. Kata kunci: Keterampilan Menyimak, Metode Permainan Bisik berantai ER -