TY - JOUR EP - 8 JF - Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa KW - Kecerdasan Matematis-Logis KW - Rasa Percaya Diri KW - Kemandirian Belajar KW - Hasil Belajar Matematika ID - UNY8082 Y1 - 2012/11/10/ PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY SP - 1 AV - public SN - 978-979-16353-8-7 TI - PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS-LOGIS, RASA PERCAYA DIRI, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA A1 - Huri, Suhendri N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris dan menganalisa pengaruh kecerdasan matematis-logis, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK di wilayah Kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan analisis korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 120 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan matematis-logis, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika, diharapakan para guru dalam mengevaluasi siswa lebih banyak memperhatikan faktor kecerdasan matematis-logis, rasa percaya diri, dan kemandirian belajar. Kata kunci: Kecerdasan Matematis-Logis, Rasa Percaya Diri, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika UR - http://www.uny.ac.id ER -