TY - THES ID - UNY80819 M1 - skripsi TI - PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KALIMANAH WETAN AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/80819/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 1 Kalimanah Wetan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Kalimanah Wetan, Purbalingga. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalimanah Wetan yang terdiri dari 6 siswa lakilaki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalimanah Wetan dalam pembelajaran yang dapat diketahui melalui meningkatnya persentase keaktifan belajar siswa. Hasil rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada siklus 1 pertemuan pertama adalah 67,4%dengan kriteria cukup aktif, meningkat pada siklus I pertemuan kedua menjadi 73,6% dengan kriteria baik, meningkat kembali pada siklus II pertemuan pertama sebesar 82,6% dengan kriteria baik dan pada siklus II pertemuan kedua persentase keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 89,8% dengan kriteria sangat baik. Kata kunci: keaktifan belajar siswa, pembelajaran kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD) Y1 - 2024/02/13/ A1 - Nugraheni, Milenia PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ER -