%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan motorik peserta ekstrakurikuler bulu tangkis putra di SD Negeri Tahunan Yogyakarta. (2) Kemampuan motorik peserta ekstrakurikuler bulu tangkis putri di SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bulu tangkis kelas atas di SD Negeri Tahunan Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa, terdiri atas 18 siswa putra dan 14 siswa putri. Teknik sampling menggunakan total sampling. Instrumen kemampuan motorik menggunakan Tes Motor Ability untuk Sekolah Dasar yang meliputi kecepatan dengan tes lari cepat 30 meter, kelicahan dengan tes shutlle-run 4 x 10 meter, koordinasi dengan tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok, keseimbangan dengan tes Stork Stand Positional Balance. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan motorik peserta ekstrakurikuler bulu tangkis putra di SD Negeri Tahunan Yogyakarta berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 5,56% (1 siswa), “kurang” sebesar 22,22% (4 siswa), “cukup” sebesar 38,89% (7 siswa), “baik” sebesar 27,78% (5 siswa), dan “sangat baik” sebesar 5,56% (1 siswa). (2) Kemampuan motorik peserta ekstrakurikuler bulu tangkis putri di SD Negeri Tahunan Yogyakarta berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0,00% (0 siswa), “kurang” sebesar 28,57% (4 siswa), “cukup” sebesar 42,86% (6 siswa), “baik” sebesar 21,43% (3 siswa), dan “sangat baik” sebesar 7,14% (1 siswa). %D 2024 %A Aravino Deva Fahrezi %O Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes. %T Kemampuan Motorik Peserta Ekstrakurikuler Bulu Tangkis di SD Negeri Tahunan Yogyakarta %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %L UNY80815 %K motorik, ekstrakurikuler, Sekolah Dasar