eprintid: 80809 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/08/09 datestamp: 2024-02-29 09:10:39 lastmod: 2024-02-29 09:10:39 status_changed: 2024-02-29 09:10:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wirawan, Galih Candra corp_creators: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. title: Penggunaan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pencak Silat Materi Tendangan Sabit Pada Siswa Kelas V SD Negeri Vidya Qasana ispublished: pub subjects: or_pkr subjects: pssd_pgsd divisions: fik_olahraga_pgsd_penjas full_text_status: public keywords: efisien, media audiovisual, tendangan sabit pencak silat note: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. abstract: Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran tendangan sabit dalam pencak silat dengan memanfaatkan media Audiovisual pada siswa Kelas V SD Negeri Vidya Qasana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri Vidya Qasana Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa. Sumber data penelitian berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar tendangan sabit pencak silat dan lembar observasi. Analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif yang bersandarkan pada analisis kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media Audiovisual dan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran tendangan sabit pencak silat dari prasiklus hingga siklus II. Pada prasiklus, proses pembelajaran menggunakan model konvensional hanya mencapai ketuntasan 10% (2 siswa) untuk tendangan sabit pencak silat. Pada Siklus I, diterapkan media Audiovisual, yang menghasilkan peningkatan signifikan dengan ketuntasan sebesar 60% (12 siswa) dalam pembelajaran tendangan sabit pencak silat. Siklus II dilakukan sebagai upaya perbaikan dari Siklus I, agar menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif, efisien, aktif, dan menyenangkan. Hasilnya, tingkat ketuntasan pembelajaran tendangan sabit pencak silat meningkat menjadi 90% (18 siswa), menandakan peningkatan efisiensi dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan melalui media Audiovisual dapat meningkatkan efektivitas hasil belajar tendangan sabit pencak silat pada siswa Kelas V SD Negeri Vidya Qasana Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. date: 2024-02-23 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar thesis_type: skripsi citation: Wirawan, Galih Candra (2024) Penggunaan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pencak Silat Materi Tendangan Sabit Pada Siswa Kelas V SD Negeri Vidya Qasana. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/80809/1/fulltext_galih%20candra%20wirawan_20604221053.pdf