TY - THES AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan keterampilan berbicara siswa kelas IV Sekolah dasar antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode paired-storytelling dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan metode paired-storytelling; 2) mengetahui efektivitas penggunaan metode paired-storytelling dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Balecatur 1 dan SD Negeri Jatisawit tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 60 siswa. Desain penelitian ini adalah eksperimen non-equivalent control group design. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan konstruk. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas alpha cronbach, sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dan gain scores. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) nilai ? > yaitu ?????? ? ????? 2,795>2,001 dengan df 58 pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada prestasi keterampilan berbicara siswa antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode paired-storytelling dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan metode paired-storytelling; 2) perhitungan rerata gain scores, kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 0,0578 dan kelas eksperimen sebesar 0,3044. Hal tersebut berarti bahwa gain scores kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode paired-storytelling lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : Paired-Storytelling, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar ID - UNY80780 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UR - http://eprints.uny.ac.id/80780/ Y1 - 2024/02/12/ M1 - skripsi A1 - Mursidi, Adhe Putri TI - KEEFEKTIFAN METODE PAIRED-STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ER -