TY  - THES
AV  - restricted
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan keterampilan
berbicara siswa kelas IV Sekolah dasar antara kelas yang diajar dengan
menggunakan metode paired-storytelling dengan kelas yang diajar tanpa
menggunakan metode paired-storytelling; 2) mengetahui efektivitas
penggunaan metode paired-storytelling dalam pembelajaran. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SD Negeri Balecatur 1 dan SD Negeri Jatisawit tahun
ajaran 2022/2023 yang berjumlah 60 siswa. Desain penelitian ini adalah
eksperimen non-equivalent control group design. Validitas yang digunakan
dalam penelitian ini adalah validitas isi dan konstruk. Reliabilitas yang
digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas alpha cronbach, sedangkan
data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dan gain scores.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) nilai ? > yaitu ??????
?
?????
2,795>2,001 dengan df 58 pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan
tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada prestasi
keterampilan berbicara siswa antara kelas yang diajar dengan menggunakan
metode paired-storytelling dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan
metode paired-storytelling; 2) perhitungan rerata gain scores, kelas kontrol
diperoleh nilai sebesar 0,0578 dan kelas eksperimen sebesar 0,3044. Hal
tersebut berarti bahwa gain scores kelas eksperimen lebih besar dibandingkan
kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode
paired-storytelling lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara
siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Paired-Storytelling, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar
ID  - UNY80780
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/80780/
Y1  - 2024/02/12/
M1  - skripsi
A1  - Mursidi, Adhe Putri
TI  - KEEFEKTIFAN METODE PAIRED-STORYTELLING UNTUK
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA
KELAS IV SEKOLAH DASAR
ER  -