relation: http://eprints.uny.ac.id/80780/
title: KEEFEKTIFAN METODE PAIRED-STORYTELLING UNTUK  MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA  KELAS IV SEKOLAH DASAR
creator: Mursidi, Adhe Putri
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan keterampilan  berbicara siswa kelas IV Sekolah dasar antara kelas yang diajar dengan  menggunakan metode paired-storytelling dengan kelas yang diajar tanpa  menggunakan metode paired-storytelling; 2) mengetahui efektivitas  penggunaan metode paired-storytelling dalam pembelajaran. Penelitian ini  merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas IV SD Negeri Balecatur 1 dan SD Negeri Jatisawit tahun  ajaran 2022/2023 yang berjumlah 60 siswa. Desain penelitian ini adalah  eksperimen non-equivalent control group design. Validitas yang digunakan  dalam penelitian ini adalah validitas isi dan konstruk. Reliabilitas yang  digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas alpha cronbach, sedangkan  data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dan gain scores.  Hasil penelitian ini menunjukkan 1) nilai � > yaitu ℎ�����  �  �����  2,795>2,001 dengan df 58 pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan  tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada prestasi  keterampilan berbicara siswa antara kelas yang diajar dengan menggunakan  metode paired-storytelling dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan  metode paired-storytelling; 2) perhitungan rerata gain scores, kelas kontrol  diperoleh nilai sebesar 0,0578 dan kelas eksperimen sebesar 0,3044. Hal  tersebut berarti bahwa gain scores kelas eksperimen lebih besar dibandingkan  kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode  paired-storytelling lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara  siswa kelas IV Sekolah Dasar.  Kata Kunci : Paired-Storytelling, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar
date: 2024-02-12
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/80780/1/SKRIPSI%20FINAL%202-1%20%281%29.pdf
identifier:   Mursidi, Adhe Putri  (2024) KEEFEKTIFAN METODE PAIRED-STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.