<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LEVEL PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS V DAN VI\r\nSEKOLAH DASAR NEGERI KEPUH"^^ . "Dari hasil PISA (2018) dan TIMSS (2015) menunjukkan tingkat\r\nkemampuan matematika siswa di Indonesia terutama pada konten penalaran masih\r\nrendah. Penalaran proporsional menjadi salah satu jenis penalaran yang perlu\r\ndikuasai siswa untuk mencapai tingkat matematika yang lebih tinggi. Penelitian\r\nterdahulu menemukan penalaran proporsional siswa di SMP dan SMA yang masih\r\nrendah. Penalaran proporsional telah diajarkan sejak siswa berada di sekolah dasar.\r\nBerdasarkan hal tersebut perlu adanya penalitian tentang level penalaran\r\nproporsional siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan\r\nlevel penalaran proporsional siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan\r\npermasalahan proporsional.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sejumlah 87\r\nsiswa kelas V dan VI mengikuti tes penalaran proporsional, lalu dipilih 8 siswa\r\nsebagai subjek penelitian untuk diwawancarai secara mendalam. Uji keabsahan\r\ndata yang digunakan adalah dengan uji credibility, antara lain dengan meningkatkan\r\nketekunan, triangulasi, dan bahan referensi. Teknik analisis data dalam penelitian\r\nini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terbagi dalam\r\nempat bagian, yakni (1) pengumpulan data, (2) kondensasi data, (3) penyajian data,\r\ndan (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian yang terdiri dari 8\r\nsiswa, dominan berada pada level 0 (penalaran nonproporsional) dan level 2\r\n(penalaran kuantitatif) dalam menyelesaikan permasalahan proporsional. Tidak\r\nterindikasi dari mereka berada pada level 1 (penalaran informal). Meskipun terdapat\r\nsiswa berada pada level 3 (penalaran proporsional formal), namun jumlahnya tidak\r\nsignifikan. Strategi yang dominan digunakan oleh siswa pada level 0 (penalaran\r\nnonproporsional) adalah strategi acak. Strategi yang dominan digunakan oleh siswa\r\npada level 2 (penalaran kuantitatif) adalah strategi perkalian dan pembagian.\r\nStrategi yang digunakan siswa pada level 3 (penalaran proporsional formal)\r\nmerupakan strategi rumus matematika.\r\nKata kunci: level, penalaran proporsional, siswa sekolah dasar"^^ . "2024-02-12" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Via"^^ . "Nuriyatun"^^ . "Via Nuriyatun"^^ . . . . . . "LEVEL PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS V DAN VI\r\nSEKOLAH DASAR NEGERI KEPUH (Text)"^^ . . . "LEVEL PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS V DAN VI\r\nSEKOLAH DASAR NEGERI KEPUH (Other)"^^ . . . . . . "LEVEL PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS V DAN VI\r\nSEKOLAH DASAR NEGERI KEPUH (Other)"^^ . . . . . . "LEVEL PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS V DAN VI\r\nSEKOLAH DASAR NEGERI KEPUH (Other)"^^ . . . . . . "LEVEL PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS V DAN VI\r\nSEKOLAH DASAR NEGERI KEPUH (Other)"^^ . . . . . . "LEVEL PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS V DAN VI\r\nSEKOLAH DASAR NEGERI KEPUH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #80704 \n\nLEVEL PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS V DAN VI \nSEKOLAH DASAR NEGERI KEPUH\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .