@phdthesis{UNY80654,
          author = {Oki Indriyana},
           title = {PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN IPA UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA SISWA KELAS
V SD MUHAMMADIYAH MULYODADI},
           month = {February},
            year = {2024},
          school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/80654/},
        keywords = {Buku Suplemen, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku suplemen IPA yang layak
untuk meningkatkan pemahaman materi sistem pencernaan pada siswa kelas V SD
Muhammadiyah Mulyodadi, dan (2) menghasilkan buku suplemen IPA yang praktis untuk meningkatkan pemahaman materi sistem pencernaan pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model
penelitian research and development (R\&D) dengan prosedur pengembangan
menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket responden, dan skala penilaian ahli. Serta populasi penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Muh Mulyodadi. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku suplemen IPA ?layak? untuk untuk meningkatkan pemahaman materi sistem pencernaan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Mulyodadi, (2) buku suplemen IPA ?praktis? untuk untuk meningkatkan pemahaman materi sistem pencernaan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Mulyodadi. Adapun hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 3,5 yang berada pada kategori ?sangat layak?. Selanjutnya penilaian dari ahli media memberikan skor rata-rata 3,36 yang berada pada kategori ?layak?. Praktisi guru
memberikan skor rata-rata 3,7 yang termasuk dalam kategori ?sangat praktis?. Hasil uji
coba terbatas memperoleh skor rata-rata 3,4 yang termasuk pada kategori ?sangat praktis?, dan hasil uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 3,5. Dengan demikian, jika dikonversikan ke dalam data kualitatif maka skor tersebut termasuk dalam kategori ?sangat layak dan sangat praktis? untuk digunakan dalam pembelajaran kelas V sekolah dasar. Skor kemampuan pemahaman konsep sistem pencernaan manusia mengalami peningkatan dari rerata capaian 5,56 pada saat pretest menjadi 7,72 setelah diadakannya postes.
Kata kunci : Buku Suplemen, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar}
}