%0 Thesis %9 S1 %A Saputra, Rizky Yudha %A Dr. Bernadeta Suhartini, M.Kes., %B Ilmu Keolahragaan %D 2024 %F UNY:80572 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K anak tunagrahita sedang, gerak lokomotor, gerak manipulatif, kelincahan %T Pengaruh Model Pengembangan Gerak Lokomotor dan Gerak Manipulatif Terhadap Kelincahan Siswa Tunagrahita Sedang %U http://eprints.uny.ac.id/80572/ %X Anak tunagrahita sedang merupakan anak yang mengalami kekurangan dalam perkembangan gerak dan perkembangan fisik apabila dibandingkan dengan anak normal. Perkembangan gerak dan kondisi fisik anak tunagrahita sedang perlu diketahui untuk menunjang aktivitas sehari-hari dan untuk kemandirian anak tunagrahita sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan gerak lokomotor dan gerak manipulatif terhadap tingkat kelincahan siswa tunagrahita sedang SLB Marsudi Putra 1 Manding, Bantul. Metode yang digunakan penelitian ini adalah eksperimen one group. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Shuttle Run 10 m x 4. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi tunagrahita sedang di SLB Marsudi Putra 1 Manding, Bantul sebanyak 43 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 20 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis penelitian menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh gerak lokomotor dan gerak manipulatif terhadap kelincahan siswa tunagrahita sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh gerak lokomotor dan gerak manipulatif terhadap kebugaran jasmani anak tunagrahita sedang. Hasil validasi gerak lokomotor dan gerak manipulatif dengan menggunakan uji CVR (Content Validity Ratio) menunjukkan nilai CVR > 0.30 artinya valid. Hasil kelincahan setelah dianalisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi < 0,006. Dengan begitu, gerak lokomotor dan gerak manipulatif mempengaruhi tingkat kelincahan siswa tunagrahita sedang. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Bernadeta Suhartini, M.Kes.