relation: http://eprints.uny.ac.id/80549/ title: PENGARUH KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KELURAHAN BENER KOTA YOGYAKARTA creator: Friatna, Sindi subject: Pendidikan IPS subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar IPS; 2) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS; serta 3) mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri se-Kelurahan Bener Kota Yogyakarta dengan jumlah sampel 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, kemudian untuk uji hipotesis penelitian menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kedisiplinan belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS sebesar 23,2%; 2) lingkungan sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS sebesar 13,4%; kemudian 3) kedisiplinan belajar dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPS sebesar 23,3%. Kata kunci: Kedisiplinan belajar, lingkungan sekolah, prestasi belajar IPS date: 2024-02-05 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/80549/1/Skripsi_Sindi%20Friatna_18108241059.pdf identifier: Friatna, Sindi (2024) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KELURAHAN BENER KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.