%0 Thesis %9 S1 %A EVA OKTAVIANA, MINDARIAWATI %A SUPRIYANTO, M.M., %A ALI MUHSON, M.Pd, %A Drs. SUWARNO, %B FAKULTAS EKONOMI %D 2012 %F UNY:8050 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Media Internet, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar %T KEEFEKTIFAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/8050/ %X Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan media internet sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran ekonomi, (2) keefektifan media internet sebagai sumber belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, (3) perbedaan motivasi siswa yang menggunakan media internet dengan yang menggunakan media konvensional pada mata pelajaran ekonomi, dan (4) perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan media internet dengan yang menggunakan media konvensional pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah control-group pretest-postest. Populasi penelitian adalah siswa kelas X semester II SMA Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2011/2012 terdiri dari 7 kelas berjumlah 221 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analitis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil (1) Media internet efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi, dimana hasil t-hitung=-7,040 dan signifikansi=0,000. Sedangkan pada kelompok kontrol t-hitung=-1,573 dan signifikansi=-0,126 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi awal dengan motivasi akhir. (2) Media internet efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi, dimana hasil t-hitung= -13,904 dan signifikansi= 0,000. Sedangkan pada kelompok kontrol t-hitung= -11,857 dan signifikansi= 0,000 menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pre-test dengan post-test. (3) Motivasi belajar siswa yang menggunakan media internet lebih tinggi daripada yang menggunakan media konvensional, dimana hasil t-hitun= 2,066, signifikansi= 0,043. Pada kelompok kontrol mean= 79,933. (4) Prestasi belajar siswa yang menggunakan media internet lebih tinggi daripada yang menggunakan media konvensional, dimana hasil t-hitung= 2,078, signifikansi= 0,042. Pada prestasi akhir kelompok eksperimen mean= 6,81, sedangkan kelompok kontrol mean=6,40. Kata kunci: Media Internet, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar