%D 2024 %A Dian Dhini Pratiwi %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T PENINGKATAN KARAKTER PERCAYA DIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MUATAN PPKN DI KELAS V SDN PENDEMSARI KABUPATEN SLEMAN %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan karakter percaya diri siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada muatan PPKn di kelas V SDN Pendemsari tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan PTK kolaboratif. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahap dalam penelitian meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflection). Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Pendemsari yang beralamat di Pendem, Tegaltirto, Berbah, Sleman. Jumlah subjek penelitian yaitu berjumlah 13 siswa dengan 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yang dilakukan oleh dua orang observer. Teknik analisis data dilakukan dengan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Penelitian berhasil apabila ≥75% dari jumlah siswa tuntas yaitu berada pada kategori baik dan/ atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan karakter percaya diri siswa pada pra siklus sebesar 38.46% (5 siswa) meningkat pada siklus I menjadi 61.54% (8 siswa), dan meningkat kembali pada siklus II sebesar 84.61% (11 siswa). Dengan demikian, dapat disimpulkan, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan karakter percaya diri siswa kelas V SDN Pendemsari. Pada pelaksanaan tindakan sebaiknya siswa menyimak setiap arahan guru dan berani bertanya. Guru dalam pembelajaran juga dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Kata kunci: karakter percaya diri, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share %L UNY80475