TY - THES M1 - disertasi AV - public TI - Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar UR - http://eprints.uny.ac.id/80472/ ID - UNY80472 KW - modul pembelajaran PJOK KW - blended learning KW - Sekolah Dasar kelas IV KW - proses belajar KW - hasil belajar N1 - Promotor: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. Kopromotor: Dr. Widiyanto, M.Kes. Y1 - 2024/01/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan modul pembelajaran PJOK berbasis blended learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. (2) Menganalisis tingkat kelayakan modul pembelajaran PJOK berbasis blended learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar berdasarkan penilaian ahli dan pengguna. (3) Menganalisis efektivitas modul pembelajaran PJOK berbasis blended learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar proses dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian yaitu ahli berjumlah 7 validator, subjek uji coba skala kecil berjumlah 2 guru PJOK, subjek uji coba skala besar berjumlah 6 guru PJOK, dan subjek uji efektivitas berjumlah 79 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modul pembelajaran PJOK berbasis blended learning mencakup materi pola gerak dasar lokomotor, aktivitas senam, bermain bola besar, aktivitas kebugaran jasmani, dan pola perilaku hidup sehat. Modul ini menekankan pada pembelajaran blended learning dengan metode Flipped Classroom. Video pembelajaran berbentuk file M4V dan diunggah dalam media sosial Youtube. (2) Modul pembelajaran PJOK berbasis blended learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar layak. Berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 88,02%, ahli media sebesar 88,49%, uji coba skala kecil sebesar 86,81%, dan uji coba skala besar sebesar 85,90%. (3) Modul pembelajaran PJOK berbasis blended learning efektif untuk meningkatan proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar, dengan p-value < 0,05. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan A1 - Dewanti, Galih ER -