@phdthesis{UNY80468, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, title = {ANALISIS BIAS GENDER PADA BUKU AJAR TEMATIK SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA}, author = {Denisa Ramadhani}, month = {January}, year = {2024}, url = {http://eprints.uny.ac.id/80468/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini dikarenakan berkembangnya konsep gender yang bias pada ranah pendidikan. Bahan ajar dan atribut pembelajaran masih memberikan sekat pada fungsi dan peran yang seharusnya dilakukan oleh laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bias gender dan kesesuaian bahan ajar responsif gender pada buku ajar tematik kelas 3 tema 6 SD berjudul Energi dan Perubahannya yang berdasarkan Permendiknas nomor 84 tahun 2008. Jenis penelitian ini adalah analisis konten dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah buku ajar tematik siswa kelas 3 SD tema 6 yang berjudul Energi dan Perubahannya yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud tahun 2008 jalaman 1-191. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Unitizing (Penentuan satuan), Sampling (Penentuan sampel), Recording (Perekaman atau pencatatan), Reducing (Reduksi), Inferring (Penarikan kesimpulan), Narating (Mendeskripsikan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku ajar tematik siswa kelas 3 SD tema 6 masih ditemukan empat bentuk bias gender yang tercermin dalam gambar maupun bunyi kalimat. Bentuk bias gender tersebut meliputi citra baku (stereotype), subordinasi (penomorduaan), marginalisasi (peminggiran), dan beban ganda (double burden). Dengan ditemukannya keempat bentuk bias gender, maka buku ajar tematik siswa kelas 3 SD tema 6 Energi dan Perubahannya belum sesuai dengan standar isi bahan ajar responsif gender yang berdasarkan Permendiknas nomor 84 tahun 2008. Kata kunci: bias gender, kelas 3, tematik} }