%0 Thesis %9 S1 %A Ramadhan, Ayat %B PGSD %D 2024 %F UNY:80464 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PENGELOLAAN SAMPAH SD NEGERI 1 PANDOWAN, GALUR, KULON PROGO, YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/80464/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi kegiatan pengelolaan sampah dalam menanamkan karakter pada siswa SD N 1 Pandowan, Galur, Kulon Progo, Yogyakarta. Implementasi penguatan karakter dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan implementasi penguatan karakter melalui kegiatan pengelolaan sampah di SD 1 Pandowan dengan tiga tahapan yaitu (1) Tahap perencanaan, dilaksanakan dengan kegiatan analisis konteks kondisi potensi sekolah, menyusun program pengelolaan sampah, sosialisasi, dan melakukan pengkondisian yang meliputi penyiapan alat, pembetukan tim, pelatihan. (2) Pelaksanaan penguatan karakter dilakukan melalui kegiatan pengelolaan sampah berupa LISA, jumat bersih, daur ulang sampah, mengurangi sampah plastik, dan sedekah sampah. Strategi pembiasaan kegiatan meliputi kegiatan rutin seperti lihat sampah ambil dan sedekah sampah kepada pemulung, kegiatan spontan berupa teguran hingga hukuman kepada siswa yang tidak tertib, kegiatan keteladanan dari guru, dan kegiatan pengkondisian seperti membersihkan bak sampah. Nilai karakter yang termuat yaitu karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. (3) Evaluasi program dilakukan melalui pemantauan proses kegiatan dengan mengevaluasi secara langsung melalui lisan, mengadakan evaluasi program diakhir semester berdasarkan hasil lembar pemantauan dan evaluasi. Kata kunci : sekolah dasar, pembiasaan, siswa