%0 Thesis %9 S1 %A Faza, Azka Rifki %A Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:80451 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K motivasi belajar, pembelajaran kooperatif, STAD %T Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran PJOK Kelas IV SD Negeri Demakijo 1 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/80451/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Student Teams Achievement Division (STAD) dengan motivasi belajar dalam pembelajaran PJOK kelas IV SD Negeri Demakijo 1, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, khususnya dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian difokuskan pada populasi siswa kelas IV SD Negeri Demakijo 1 , yang berlokasi di Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Pendekatan pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, dengan jumlah 26 siswa kelas IV dari SD Negeri Demakijo 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Demakijo 1 Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai Fhitung = 0,467 sedangkan Ftabel= 4,667. Jika Fhitung < Ftabel ,Ha dengan nilai 0,467 < 4,667 dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan dari Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan variable Motivasi Belajar. Maka dapat diartikan bahwa Ha: ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Demakijo 1 Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman diterima, dan konsekuensi Ho ditolak. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,723 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan variabel motivasi belajar sebesar 72,3%. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or.