eprintid: 80424 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 46427 dir: disk0/00/08/04/24 datestamp: 2025-10-05 13:41:38 lastmod: 2025-10-09 14:35:46 status_changed: 2025-10-05 13:41:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: dewimeiliyan.2020@student.uny.ac.id creators_name: Ningrum, Dewi Meiliyan creators_id: dewimeiliyan.2020@student.uny.ac.id title: EFEKTIVITAS MEDIA BRAILLE BRICKS TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD BRAILLE BAGI SISWA HAMBATAN PENGLIHATAN DI SLBN 1 BANTUL ispublished: pub subjects: pend_luar_biasa divisions: fip_plb full_text_status: public abstract: Braille hadir sebagai akomodasi bagi anak hambatan penglihatan untuk mendapatkan informasi. Pembelajaran Braille terkadang menemui kesulitan jika mendapati siswa yang memiliki motivasi diri yang rendah dan belum optimalnya kemampuan persepsi taktual. Media Braille Bricks memiliki keunggulan karena wujudnya yang konkret dan fleksibel sehingga mampu menciptakan suasana kelas yang interaktif. Tujuan dari adanya penelitian ini untuk menguji keefektifan media Braille Bricks dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf Braille bagi siswa tunanetra di SLBN 1 Bantul. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan subjek sebanyak tiga siswa tunanetra. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Pengambilan data berupa hasil belajar dilakukan sebanyak dua kali dan observasi untuk mengetahui perkembangan pada aspek afektif dan psikomotornya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Braille Bricks terbukti efektif meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad Braille dibuktikan dengan adanya perubahan positif kemampuan siswa sebesar 31,37%. date: 2023-08-07 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: Pendidikan Luar Biasa thesis_type: skripsi referencetext: Abdussamad, Z., Rosita, E., Alfianto, A. G., Pramana, C., Kristianto, B., Wicaksono, K. E., Solehah, E. L., Wahyuni, W., Linadi, K. E., Prasetyo, B., & others. (2021). Promosi kesehatan: program inovasi dan penerapan. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=gCtGEAAAQBAJ Akhyar, F. (2019). Pembelajaran keterampilan berbahasa dalam kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 77–90. http://proceeding.stkippgribl.ac.id/index.php/semnas/article/view/7%0A Akrim. (2018). Media learning in digital era. Proceedings of the 5th International Conference on Community Development. 231(amca), 458–460. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.127 Andarwati, S. R., Munir, Z., & Siam, W. N. (2019). Permainan lego (parallel play) terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 3–6 tahun Siska. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Anjarningsih, H. Y. (2021). Disleksia - Perkembangan di indonesia: perspektif siswa dan guru. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=FmFHEAAAQBAJ Ardayeni, E., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2019). Analisis germane cognitive load siswa ditinjau dari gaya belajar matematis pada pembelajaran contextual teaching and learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 26. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12727 Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi pembelajaran. In Ciptapustaka Media. Citapustaka Media. Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep dasar anak berkebutuhan khusus. MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 26–42. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq Badiah, L. I., & Mambela, M. N. J. S. (2019). Pelaksanaan pembelajaran braille pada siswa tunanetra di kelas di taman kanak-kanak slb a ypab surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya, 15(27), 35–54. Baktara, D. I., & Setyawan, W. (2021). Fasilitas pendidikan bagi anak tunanetra dengan pendekatan indera. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(2), 1–6. https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.54801 Batubara, H. H. (2023). Media pembelajaran komprehensif. Graha Edu. https://books.google.co.id/books?id=Fu9ZEAAAQBAJ Bintaleb, H. T., & Al Saaed, D. (2020). Extending tangible interactive interfaces for education: A system for learning arabic braille using an interactive braille keypad. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(2), 359–367. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2020.0110247 Bintari, B., & Wicaksono, M. B. (2022). Perancangan prototipe alat bermain belajar braille low cost berbasis mikrokontroler arduino sensor rfid. Jurnal Teknologi, 12, 55–61. https://doi.org/10.35134/jitekin.v12i2.73 Budiyanto. (2017). Pengantar pendidikan inklusif (Jakarta (ed.)). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=6uZeDwAAQBAJ Cecep Kustandi, D. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran: konsep & aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dan masyrakat. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=cCTyDwAAQBAJ Creswell, J. (2015). Riset pendidikan. perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif (5th ed.). Pustaka Pelajar. Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran (2nd ed.). Gava Media. Deborah Deutssch Smith, N. C. T., & Skow, K. G. (2018). Introduction to contemporary special education new horizons (2nd ed.). Pearson. Efflamengo, L., & Asyrofi, S. (2020). Analisis faktor kesulitan belajar bahasa arab pada siswa tunanetra di man 2 sleman. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), 43–58. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-03 Fachresya, A. (2020). Mereduksi perilaku blindism dengan permainan lego untuk anak tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus 1–8. Febriana, R. (2019). Evaluasi pembelajaran. In B. S. Fatmawati (Ed.), (Vol. 4, Issue 1). Bumi Aksara. Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=moM%5C_EAAAQBAJ Gadiraju, V., Muehlbradt, A., & Kane, S. K. (2020). BrailleBlocks: computational braille toys for collaborative learning. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 1–12. https://doi.org/10.1145/3313831.3376295 Gunarsa, S. D. (2004). Dari anak sampai usia lanjut: bunga rampai psikologi anak. BPK Gunung Mulia. https://books.google.co.id/books?id=GUAGhG74nH4C Gunawan, & Ritonga, A. A. (2019). Media pembelajaran berbasis industri 4.0. Rajawali. Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., Simarmata, J., & Limbong, T. (2020). Media pembelajaran (A. Supena & I. Nuraisah (eds.)). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=npLzDwAAQBAJ Handoyo, R. R. (2022). Analisis teori belajar dalam metode pembelajaran membaca braille pada anak tunanetra. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1616 Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In F. Sukmawati (Ed.), Tahta Media Group (1st ed., Issue Mei). Tahta Media Group. Hikmah, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar pemrograman dasar siswa. Jurnal Teknodik, 24(1), 28. Holbrook, M. C., McCarthy, T., & Kamei-Hannan, C. (2017). Foundations of education history and theory of teaching (3rd ed., Vol. 1). AFB Press. Idawati, D. (2019). Desain Kurikulum fungsional orientasi mobilitas sosial dan komunikasi tunanetra usia 7-8 tahun. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=2qTBDwAAQBAJ Iqbal, K., Ashraf, S., & Amjad, A. (2022). Learning braille at higher education level : exploring the perception of prospective special education teachers. Journal of Business and Social Review in Emerging Economies, 8(2), 567–578. Irdamurni. (2018). Memahami anak berkebutuhan khusus. In N. Juita & Megaiswari (Eds.), Goresan Pena Anggota IKAPI (1st ed.). Goresan Pena . Ismail, M. I. (2021). Evaluasi pembelajaran (1st ed.). PT. RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=FAEaEAAAQBAJ Ivy, S. E., & Hatton, D. D. (2014). Teaching skill acquisition to individuals with blindness: A systematic review of response-prompting procedures. In International Review of Research in Developmental Disabilities (1st ed., Vol. 46). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-420039-5.00005-8 Jalongo, M. R. (2011). Early childhood language arts (A. M. Ramos (ed.); 5th ed.). Pearson. Kim, N. W., Joyner, S. C., Riegelhuth, A., & Kim, Y. (2021). Accessible visualization: design space, opportunities, and challenges. Computer Graphics Forum, 40(3), 173–188. https://doi.org/10.1111/cgf.14298 Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Surabaya, 1–129. Kv, V., & Vijayalakshmi, P. (2020). Understanding Definitions of visual impairment and functional vision. Community Eye Health, 33(110), 516–517. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/34007122%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC8115704 Marlina, M. P., Dr. Abdul Wahab, M. S., Susidamaiyanti, M. P., Ramadana, M. P. I., Siti Zumrotul Nikmah, M. P., Sarwo Edy Wibowo, M. P., Indianasari, M. P., Syafruddin, M. P., Wiwin Putriawati, S. P. M. P., Eryuni Ramdhayani, S. P. M. P., & others. (2021). Pengembangan media pembelajaran sd/mI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=pdM6EAAAQBAJ Marlina, Wahab, A., Susidamaiyanti, Ramadana, Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., Indianasari, Syafruddin, Wiwin, P., & Rammdhayani, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran sd/mI (Z. Alfuad (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Martiniello, N., & Wittich, W. (2022). The association between tactile, motor and cognitive capacities and braille reading performance: a scoping review of primary evidence to advance research on braille and aging. Disability and Rehabilitation, 44(11), 2515–2536. https://doi.org/10.1080/09638288.2020.1839972 Masrokha. (2021). Peningkatan kemampuan memahami lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa indonesia menggunakan media flashcard bagi peserta didik kelas 1a mi nadhatul ulama 01 kaladawa talang 2018/2019. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 11(2). Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi, S., Simarmata, J., & Iqbal, M. (2019). Evaluasi hasil belajar (M. Iqbal (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=thDGDwAAQBAJ Mu’awwanah, U., Mastoah, R. T. M. U. H. I., Latifah, S. P. R. N., Iskandar, R. M. A. N. R., & Maula, L. H. (2021). Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. In Academia (1st ed., Vol. 1). Meida Madani. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/66326118/Strategi_Pembelajaran_Bagi_Anak_Berkebutuhan_Khusus-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1668024336&Signature=K7I-jIloCaLlQD7b3RdqGSh2ZkVjyL8YMt2XvvYleO3cU0DlKenIr0D0J4UWKCe8qE7oztUQWdsj0gOw4ts1dKujl114L~SmnuemEaho Muhsyanur. (2014). MEMBACA: Suatu keterampilan berbahasa reseptif (A. E. Subagyo, R. S. Sulastri, & A. Halid (eds.)). Buginese Art-Yogyakarta. https://books.google.co.id/books?id=YqXpDwAAQBAJ Murti, T. (2018). Perkembangan fisik motorik dan perseptual serta implikasinya pada pembelajaran di sekolah dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26(1), 21–28. https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p021 Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi bloom: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252 Naipal, S., & Rampersad, N. (2018). A review of visual impairment. African Vision and Eye Health, 77(1), 1–4. https://doi.org/10.4102/aveh.v77i1.393 Nizwardi Jalinus, A. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Kencana. Nur, F., Rohidi, T. R., & Syakir, M. (2019). Modalitas estetis penyandang tunanetra dalam distingsi sosial- budaya di era industri. Seminar Nasional Pascasarjana, 602–610. Nurdyansyah. (2019). Media pembelajaran inovatif. In P. Rais (Ed.), \ (1st ed.). UMSIDA Press. Nurhasanah. (2021). Pengembangan pembelajaran orientasi mobilitas sosial dan komunikasi (omsk) dalam membentuk karakter anak tunentra (Studi Kasus Yayasan Raudlatul Makfufin Serpong Kota Tangerang Selatan). Ondrey, M. L. (2022). Implementasi traktat marrakesh terhadap informasi karya cetak program studi ilmu hukum. Universitas Muhammadiyah Jakarta. Permataningtyas, N. A., & Yermiandhoko, Y. (2015). Perbedaan penggunaan media dua dimensi dengan tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada tema indahnya negeriku kelas iv sdn kutisari iii surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a Putra, E. Y., Wahyudi, A., & Tumilaar, A. (2018). Virtual Reality 360 interaktif wisata digital kota tomohon dengan tampilan stereoscopic. CogITo Smart Journal, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31154/cogito.v4i1.106.104-112 Qodir, A. (2017). Evaluasi dan penilaian pembelajaran (Ngalimun (ed.); 1st ed.). K-media. Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia (1st ed.). Ratnawulan, E., & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca (1st ed.). Penerbit K-Media. https://books.google.co.id/books?id=ohqeEAAAQBAJ Rodin, R. (2021). Informasi dalam konteks sosial budaya - Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=9xYaEAAAQBAJ SA, H. Y. (n.d.). Pendampingan anak tunanetra di sekolah luar biasa yayasan pendidikan anak cacat kecamatan tallo kota makassar. Saparuddin. (2022). Inovasi pembelajaran (M. GH (ed.)). CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=B1OmEAAAQBAJ Satrianawati. (2018). Media dan sumber belajar (1st ed.). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=23NRDwAAQBAJ Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-langkah dan teknik evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793 Smelyakov, K., Chupryna, A., Yeremenko, D., Sakhon, A., & Polezhai, V. (2018). Braille character recognition based on neural networks. Proceedings of the 2018 IEEE 2nd International Conference on Data Stream Mining and Processing, DSMP 2018, 509–513. https://doi.org/10.1109/DSMP.2018.8478615 Suartama, I. K. (2016). Produksi media sederhana (1st ed.). Jurusan Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203 Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Sutisna, H., Adiwisastra, M. F., & Warnilah, A. I. (2020). Pengembangan implementasi dss aplication penentuan level kondisi anak penyandang disabilitas tunanetra menggunakan metode ahp. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(2), 231–238. https://doi.org/10.31294/p.v22i2.8134 Syarifuddin, & Eka Dewi Utari. (2022). Media pembelajaran (dari masa konvensional hingga masa digital). Bening Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=0biBEAAAQBAJ Utomo, M. (2020). Keterampilan mobilitas (om) orientasi bagi tunanetra. Utomo, & Muniroh, N. (2019). Pendidikan Anak dengan Hambatan Penglihatan. In Mashud (Ed.), Prodi. PJ JPOK FKIP ULM Press (Vol. 44, Issue 8). PJ JPOK FKIP ULM Press. Viljoen, H., Mokgolodi, H., Ramaahlo, M., Plessis, A. B. du, Erwee, J., Heard, A., & Ubisi, L. (2021). Teaching learners with visual impairment (M. Sefotho & R. Ferreira (eds.); Vol. 2). AOSIS Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.4102/aosis.2020.BK191 Wahyuni, S. (2013). Cepat bisa baca (A. S. Ibrahim (ed.)). Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=Z1ZjDwAAQBAJ WHO. (2016). International statistical classification of diseases and related health problems ICD-10: instruction manual. In WORLD HEALTH ORGANIZATION -WHO nternational statistical classification of diseases and related health problems ICD-10: instruction manual (Vol. 2). https://icd.who.int/browse10/Content/statichtml/ICD10Volume2_en_2016.pdf Wibawa, R. (2020). Efektivitas Penggunaan media tiga dimensi dalam meningkatkan kemampuan mengenal benda pada siswa tuna netra. Paedagogy, 5(2), 99–103. Widodo, P. (2020). Peningkatan prestasi operasional perkalian melalui metode jarimatika pada siswa tunanetra kelas III SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Exponential, 1(1), 51–57. Willis, J. (2008). Teaching the brain to see. In Neuron (Vol. 27, Issue 1). https://doi.org/10.1016/S0896-6273(00)00024-6 Yusrizal, & Rahmati. (2020). Tes hasil belajar. Bandar Publishing. https://books.google.co.id/books?id=hD2VEAAAQBAJ Zaira, C., & Tomaso, V. (2011). Blind vision. In Blind Vision. https://doi.org/10.7551/mitpress/9780262015035.003.0001 citation: Ningrum, Dewi Meiliyan (2023) EFEKTIVITAS MEDIA BRAILLE BRICKS TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD BRAILLE BAGI SISWA HAMBATAN PENGLIHATAN DI SLBN 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/80424/1/Dewi%20Meiliyan%20Ningrum_REV%2019%20-3.pdf