%L UNY80424 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T EFEKTIVITAS MEDIA BRAILLE BRICKS TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD BRAILLE BAGI SISWA HAMBATAN PENGLIHATAN DI SLBN 1 BANTUL %A Dewi Meiliyan Ningrum %D 2023 %X Braille hadir sebagai akomodasi bagi anak hambatan penglihatan untuk mendapatkan informasi. Pembelajaran Braille terkadang menemui kesulitan jika mendapati siswa yang memiliki motivasi diri yang rendah dan belum optimalnya kemampuan persepsi taktual. Media Braille Bricks memiliki keunggulan karena wujudnya yang konkret dan fleksibel sehingga mampu menciptakan suasana kelas yang interaktif. Tujuan dari adanya penelitian ini untuk menguji keefektifan media Braille Bricks dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf Braille bagi siswa tunanetra di SLBN 1 Bantul. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan subjek sebanyak tiga siswa tunanetra. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Pengambilan data berupa hasil belajar dilakukan sebanyak dua kali dan observasi untuk mengetahui perkembangan pada aspek afektif dan psikomotornya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Braille Bricks terbukti efektif meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad Braille dibuktikan dengan adanya perubahan positif kemampuan siswa sebesar 31,37%.