TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/80423/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan kemampuan pemecahan soal cerita matematika peserta didik kekas IV SD seGugus I Kalibawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Pemilihan sampel menggunakan teknik proposional random sampling yang diperoleh 73 responden. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini yaitu soal tes membaca pemahaman dan soal cerita matematika. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data penelitian meliputi analisis data deskriptif, uji prasyarat analisis, dan hipotesis. Uji prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji autokorelasi. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan oleh peneliti, diperoleh hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0.967 dan Sig (2-tailed) yaitu sebesar 0.000. Hubungan yang positif ini menunjukkan setiap kenaikan nilai dari variabel membaca pemahaman akan diikuti dengan kenaikan nilai variabel kemampuan pemecahan soal cerita matematika. Begitu juga sebaliknya apabila ada penurunan nilai dari variabel membaca pemahaman, maka akan diikuti dengan penurunan nilai variabel kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hubungan positif antara keterampilan membaca pemahaman dengan kemampuan pemecahan soal cerita matematika peserta didik kelas IV SD se-Gugus I Kalibawang tahun pelajaran 2022/2023 termasuk dalam kategori sangat kuat. Kata kunci: membaca pemahaman, soal cerita M1 - skripsi AV - restricted TI - HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD SE-GUGUS I KALIBAWANG PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Az Zahra, Alya Zaki Y1 - 2024/01/30/ ID - UNY80423 ER -