%0 Thesis %9 S2 %A Novianty, Vicky %A Prof. Dr. Dimyati, M.Si., %B Pendidikan Jasmani %D 2024 %F UNY:80401 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K resilience, psychological well-being, mental toughness, prestasi akademik %T Pengaruh Aspek Resilience, Psychological Well-being, dan Mental Toughness Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas Khusus Olahraga SMA Provinsi DIY %U http://eprints.uny.ac.id/80401/ %X Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh aspek resilience terhadap prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga SMA di Provinsi DIY. (2) Untuk mengetahui pengaruh aspek psychological well-being terhadap prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga SMA di Provinsi DIY. (3) Untuk mengetahui aspek mental toughness terhadap prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga SMA di Provinsi DIY. (4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aspek resilience, psychological well-being, dan mental toughness secara bersama-sama terhadap prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga SMA di Provinsi DIY. Jenis penelitian ini adalah ex post facto yang menggunakan survey dengan metode deskrikptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa KKO SMA di Provinsi DIY yang berjumlah 7 sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 160 orang siswa yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner/angket tertutup yang disebarkan kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independen t tes dan regresi berganda. Hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa: (1) Terdapat pengaruh aspek resilience terhadap prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga SMA DIY dengan kontribusi efektif yang diberikan sebesar 16,1%. Artinya bahwa semakin tinggi resilience yang dimiliki siswa kelas khusus olahraga maka akan semakin tinggi pula hasil pretasi akademik siswa kelas khusus olahraga. (2) Terdapat pengaruh psychological well-being terhadap prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga SMA DIY dengan kontribusi efektif yang diberikan sebesar 22,7%. Artinya bahwa Semakin tinggi psychological well-being yang dimiliki siswa kelas khusus olahraga makan akan semakin tinggi pula hasil prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga. (3) Terdapat pengaruh mental toughness terhadap prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga SMA DIY dengan kontribusi efektif yang diberikan sebesar 4,5%. Artinya bahwa Semakin tinggi mental toughness yang dimiliki siswa kelas khusus olahraga makan akan semakin tinggi pula hasil prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga. (4) Terdapat pengaruh resilience, psychological well-being, dan mental toughness secara simultan terhadap prestasi akademik siswa kelas khusus olahraga SMA DIY dengan kontribusi efektif yang diberikan sebesar 22,1%. %Z Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Dimyati, M.Si.