@phdthesis{UNY8036, year = {2012}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI}, author = {LAKSONO SEPTIAN ENDRO}, month = {May}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas atas fungsi poduksi pada PTP. Nusantara VI Kayu Aro, 2) Efektivitas fungsi produksi pada PTP. Nusantara VI Kayu Aro, dan 3) Memberikan saran atau rekomendasi untuk peningkatan efektivitas fungsi produksi pada PTP. Nusantara VI Kayu Aro di masa yang akan datang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang membuat analisis sistem, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Subjek penelitian ini adalah PTP. Nusantara VI Kayu Aro Kerinci, Jambi. Adapun objek penelitian ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan fungsi produksi yaitu lingkungan produksi, strategi produksi, organisasi produksi, sistem produksi serta catatan dan dokumen yang berhubungan dengan fungsi produksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu analisis data dengan cara membandingkan antara teori dengan kenyataan yang ada pada perusahaan. Analisis data yaitu Kondisi, Kriteria, Penyebab, dan Akibat. Hasil penelitian ini adalah: 1) Aktivitas fungsi produksi mulai dari jadwal induk produksi, perolehan bahan baku, tingkat produk cacat, perawatan peralatan dan fasilitas produksi, pengembangan angkatan kerja, pengendalian kualitas, dan aktivitas pengepakan dan penyimpanan produk jadi secara umum telah dilaksanakan dengan baik, 2) Secara umum aktivitas fungsi produksi telah efektif namun demikian masih terdapat beberapa permasalahan pada aktivitas jadwal induk produksi dan aktivitas perolehan bahan baku yang disebabkan oleh ketidaktercapaian perolehan bahan baku, 3) Adapun saran atau rekomendasi yang diberikan adalah pertimbangkan dengan matang atas kebijakan replanting dan pemangkasan dengan meminta pertimbangan dari para ahli pertanian yang ada di perusahaan. Selain itu, pencapaian positif yang dicapai perusahaan harus dipertahankan dan ditingkatkan.}, keywords = {MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF, MINAT BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR}, url = {http://eprints.uny.ac.id/8036/} }