eprintid: 80351 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/03/51 datestamp: 2024-01-30 07:02:01 lastmod: 2024-01-30 07:02:01 status_changed: 2024-01-30 07:02:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sulistiyo, Sulistiyo corp_creators: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or. title: Hubungan Interaksi Sosial, Disiplin, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: interaksi sosial, disiplin, kecerdasan emosional, hasil belajar, PJOK note: Dosen Pembimbing: Dr. Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi sosial, disiplin dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Metode dalam penelitian ini menggunakan survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul berjumlah 288 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 orang menggunakan teknik sampel berdasarkan rumus Tabel Isac dan Michael dengan taraf kesalahan sebesar 10%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validasi item dengan pertimbangan ahli dan uji empirik. Uji validitas dan uji reliabilitas instrumen menggunakan uji statistik product moment dengan SPSS 25. Teknik analisis data dengan regresi linear sederhana dan ganda. Uji asumsi data terdiri dari uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Interaksi sosial tidak memiliki hubungan signifikan terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul dengan nilai signifikansi sebesar 0,880 > 0,05; (2) disiplin tidak memiliki hubungan signifikan terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul dengan nilai signifikansi sebesar 0,244 > 0,05;(3) kecerdasan emosional memiliki hubungan signifikan terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 < 0,05; (4) hasil uji f menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,163 > 0,05 dan nilai fhitung < ftabel 1.735 < 2,671. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial, disiplin, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Jetis Bantul. date: 2024-01-23 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Sulistiyo, Sulistiyo (2024) Hubungan Interaksi Sosial, Disiplin, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/80351/1/fulltext_sulistiyo_21633251063.pdf