TY - THES A1 - Nurfatmaningrum, Desi PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi TI - PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SD MUHAMMADIYAH INOVATIF MERTOYUDAN AV - restricted ID - UNY80320 Y1 - 2024/01/24/ UR - http://eprints.uny.ac.id/80320/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pendidikan Karakter Kedisiplinan Siswa SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan. Pendidikan karakter kedisiplinan dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive yang meliputi kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan telah melaksanakan pendidikan karakter kedisiplinan dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan kegiatan sosialisasi, analisis konteks, mendesain visi misi, kurikulum, serta kebijakan sekolah yang terintegrasi dengan pendidikan karakter kedisiplinan. Tahap pelaksanaan dilaksanakan dengan tiga basis yaitu pendidikan karakter kedisiplinan berbasis kelas, berbasis budaya, dan berbasis masyarakat. Pendidikan karakter kedisiplinan berbasis kelas dilaksanakan dengan kegiatan intrakurikuler yang termuat dalam pembelajaran tematik dan secara kontekstual. Pendidikan karakter kedisiplinan berbasis budaya sekolah dilaksanakan dengan kegiatan pembiasaan dan kegiatan ekstrakurikuler. Pendidikan karakter kedisiplinan berbasis masyarakat dilaksanakan melalui kerjasama sekolah dengan orang tua, masyarakat, LSM dan DU/DI. Pada tahap evaluasi, SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan telah melakukan kegiatan monitoring secara berkelanjutan dengan menggunakan instrumen sendiri untuk kegiatan evaluasi. Selain itu pendidik juga memberikan umpan balik pada siswa. Kata kunci: disiplin, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi M1 - skripsi ER -