<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/dc/terms/title> "PENGEMBANGAN MEDIA “PANELCA” (PAPAN TEMPEL PECAHAN)\r\nDALAM MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN PECAHAN KELAS III\r\nDI SD NEGERI I GEDAREN"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media\r\npembelajaran PANELCA (Papan Tempel Pecahan) yang layak dan praktis digunakan\r\npada siswa kelas III sekolah dasar untuk membeikan pemahaman konsep mengenai\r\npecahan.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan\r\nmenggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis (Analisis),\r\nDesign (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan\r\nEvaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah\r\nwawancara, angket, dan tes. Angket yang digunakan untuk validasi materi, validasi\r\nmedia, respon guru dan siswa menggunaan lima skala berpedoman pada skala Likert.\r\nTes yang digunakan untuk siswa menggunakan pre test dan post test.\r\nBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media\r\nPANELCA dinyatakan layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran di\r\nsekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,87 dengan kategori\r\n“Layak”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori “Layak”.\r\nHasil penilaian guru memperoleh skor rata-rata 5,0 dengan kategori “Praktis”. Hasil\r\nuji coba lapangan kepada 12 siswa memperoleh skor rata-rata 4,71 dengan kategori\r\n“Praktis”. Media PANELCA (Papan Tempel Pecahan) ini dapat digunakan untuk\r\nmemberikan pemahaman konsep mengenai pecahan. Hal tersebut dibuktikan dengan\r\nuji efektifitas menggunakan nilai pre test dan post test menggunakan rumus N-Gain\r\ndan memperoleh presentase sebesar 57,006% dengan kategori “Cukup Efektif”.\r\nKata kunci: papan tempel, media pembelajaran, pecahan"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/dc/terms/date> "2024-01-25" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-e3a17b1c6b958e9f052ab9ea3f976cbe> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-e3a17b1c6b958e9f052ab9ea3f976cbe> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-e3a17b1c6b958e9f052ab9ea3f976cbe> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-e3a17b1c6b958e9f052ab9ea3f976cbe> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Tazkia Kamila"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-e3a17b1c6b958e9f052ab9ea3f976cbe> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Azzahra"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-e3a17b1c6b958e9f052ab9ea3f976cbe> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Tazkia Kamila Azzahra"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA “PANELCA” (PAPAN TEMPEL PECAHAN)\r\nDALAM MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN PECAHAN KELAS III\r\nDI SD NEGERI I GEDAREN (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667244> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667244> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667244> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA “PANELCA” (PAPAN TEMPEL PECAHAN)\r\nDALAM MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN PECAHAN KELAS III\r\nDI SD NEGERI I GEDAREN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667244> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667244> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667244> <http://eprints.org/relation/isIndexCodesVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667245> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667245> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667245> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA “PANELCA” (PAPAN TEMPEL PECAHAN)\r\nDALAM MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN PECAHAN KELAS III\r\nDI SD NEGERI I GEDAREN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667245> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667245> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667245> <http://eprints.org/relation/islightboxThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667246> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667246> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667246> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA “PANELCA” (PAPAN TEMPEL PECAHAN)\r\nDALAM MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN PECAHAN KELAS III\r\nDI SD NEGERI I GEDAREN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667246> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667246> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667246> <http://eprints.org/relation/ispreviewThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667247> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667247> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667247> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA “PANELCA” (PAPAN TEMPEL PECAHAN)\r\nDALAM MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN PECAHAN KELAS III\r\nDI SD NEGERI I GEDAREN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667247> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667247> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667247> <http://eprints.org/relation/ismediumThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667248> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667248> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667248> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA “PANELCA” (PAPAN TEMPEL PECAHAN)\r\nDALAM MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN PECAHAN KELAS III\r\nDI SD NEGERI I GEDAREN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667248> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667248> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667248> <http://eprints.org/relation/issmallThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/667243> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/80303/> . <http://eprints.uny.ac.id/80303/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #80303 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA “PANELCA” (PAPAN TEMPEL PECAHAN) \nDALAM MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN PECAHAN KELAS III \nDI SD NEGERI I GEDAREN\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/80303/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/80303/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80303> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .