@phdthesis{UNY80303,
          school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi},
           month = {January},
          author = {Tazkia Kamila Azzahra},
           title = {PENGEMBANGAN MEDIA ?PANELCA? (PAPAN TEMPEL PECAHAN)
DALAM MENINGKATKAN KONSEP PEMAHAMAN PECAHAN KELAS III
DI SD NEGERI I GEDAREN},
            year = {2024},
        keywords = {papan tempel, media pembelajaran, pecahan},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media
pembelajaran PANELCA (Papan Tempel Pecahan) yang layak dan praktis digunakan
pada siswa kelas III sekolah dasar untuk membeikan pemahaman konsep mengenai
pecahan.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R\&D) dengan
menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis (Analisis),
Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan
Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, angket, dan tes. Angket yang digunakan untuk validasi materi, validasi
media, respon guru dan siswa menggunaan lima skala berpedoman pada skala Likert.
Tes yang digunakan untuk siswa menggunakan pre test dan post test.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media
PANELCA dinyatakan layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran di
sekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,87 dengan kategori
?Layak?. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori ?Layak?.
Hasil penilaian guru memperoleh skor rata-rata 5,0 dengan kategori ?Praktis?. Hasil
uji coba lapangan kepada 12 siswa memperoleh skor rata-rata 4,71 dengan kategori
?Praktis?. Media PANELCA (Papan Tempel Pecahan) ini dapat digunakan untuk
memberikan pemahaman konsep mengenai pecahan. Hal tersebut dibuktikan dengan
uji efektifitas menggunakan nilai pre test dan post test menggunakan rumus N-Gain
dan memperoleh presentase sebesar 57,006\% dengan kategori ?Cukup Efektif?.
Kata kunci: papan tempel, media pembelajaran, pecahan},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/80303/}
}