TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/80301/ M1 - disertasi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengeksplorasi dan menjelaskan secara mendalam mengenai aktivitas pendidikan yang dilakukan oleh Komunitas Adat Terpencil (KAT) Cek Bocek Selesek Rensury (CBSR) di kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan (2) mengeksplorasi dan menemukan nilai dan makna pendidikan dalam budaya dan tradisi warga komunitas adat Cek Bocek Selesek Rensury. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dan berkontribusi positif pada usaha peningkatan kualitas pendidikan di daerah pinggiran terutama yang masuk dalam katagori daerah 3T; Tertinggal, Terdepan, dan Terluar,. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian dilaksanakan di Desa Lawin, Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa yang merupakan daerah tempat tinggal KAT Cek Bocek Selesek Rensuri. Partisipan dalam penelitian ini antara lain ketua majelis adat KAT CBSR, tokoh masyarakat, Guru, Orang Tua dan siswa sekolah dasar di dalam KAT CBSR. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi partisipatif ke wilayah KAT CBSR, merekam, memotret, dan memahami segala seseuatu yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya di komunitas Cek Bocek Selesek Rensury. Adapun analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan proses mendisplay dan reduksi data, mengelompokkan makna dan aktivitas, menjelaskan esensi makna dan aktivitas dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menemukan dua bentuk aktivitas pendidikan dalam KAT CBSR yaitu 1) Aktivitas pendidikan informal yang dilakukan dalam keluarga dan komunitas berupa penanaman nilai-nilai dan falsafah kehidupan KAT CBSR. Aktivitas pendidikan informal ini dilakukan di dalam rumah dan balai adat KAT CBSR. Temuan selanjutnya dalam penelitian ini adalah masyarakat adat CBSR masih melakukan tradisi dan adat istiadat yang diwariskan secara turun temurun seperti Sedekah Zakat, Jango Kuber (Ziarah Kubur), Eneng Uran, dan Barajak Nganyang. Setiap tradisi dan budaya tersebut mengandung makna pendidikan seperti makna religius, gotong royong, dan saling menghormati. Dengan demikian, meskipun komunitas Cek Bocek Selesek Rensury belum mendapatkan pelayanan pendidikan yang layak dari pemerintah, sistem sistem nilai kepercayaan, kebudayaan, dan tradisi, selalu menjadi bagian yang terelakkan dalam proses pendidikan generasi penerus komunitas Cek Bocek Selesek Rensury, Sumbawa. A1 - Handika, Ilham A1 - Septiarti, Serafin Wisni TI - Studi Etnografi Pendidikan dalam Komunitas Adat Terpencil di Kabupaten Sumbawa, NTB. PB - Program Pascasarjana AV - restricted KW - Cek Bocek Selesek Rensury KW - Daerah Terdepan KW - Terluar KW - dan Tertinggal KW - Komunitas Adat Terpencil KW - Nilai Kearifan Lokal KW - Potret Pendidikan. Y1 - 2023/11/01/ ID - UNY80301 ER -