relation: http://eprints.uny.ac.id/80282/ title: Korelasi Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional dan Peranan Orang Tua dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri se-Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang creator: Salam, Mohammad Nur subject: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. (2) Korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. (3) Korelasi antara peranan orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. (4) Korelasi antara motivasi belajar, kecerdasan emosional dan peranan orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian berjumlah 466. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan rumus Slovin sebanyak 216 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket untuk mengukur variabel motivasi belajar, kecerdasan emosional dan peranan orang tua. Untuk data hasil belajar menggunakan metode dokumentasi, berupa transkrip nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil. Analisis data menggunakan korelasi sederhana product moment, korelasi berganda, serta mencari kontribusi variabel atau koefisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi X1 terhadap Y sebesar 0,877. Nilai Sig. 0,000 (0,000 < 0,05). (2) Terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi X2 terhadap Y sebesar 0,873. Nilai Sig. 0,000 (0,000 < 0,05). (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara peranan orang tua dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi X3 terhadap Y sebesar 0,908. Nilai Sig. 0,000 (0,000 < 0,05). (4) Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar, kecerdasan emosional dan peranan orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar PJOK peserta didik kelas VIII. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan secara parsial dan simultan antara motivasi belajar, kecerdasan emosional dan peranan orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK peserta didik kelas VIII sekolah menegah pertama negeri se-kecamatan Sawangan kabupaten Magelang. date: 2024-01-18 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/80282/1/fulltext_mohammad%20nur%20salam_22633251029.pdf identifier: Salam, Mohammad Nur (2024) Korelasi Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional dan Peranan Orang Tua dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri se-Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.