%I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T PENGARUH MINAT BELAJAR, METODE MENGAJAR GURU, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012 %D 2012 %L UNY8027 %K Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat Belajar, Metode Mengajar Guru, dan Lingkungan Keluarga %A KHASANAH TITI NUR %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Minat Belajar, Metode Mengajar Guru, dan Lingkungan Keluarga secara sendiri-sendiri terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2011/2012, (2)Pengaruh Minat Belajar, Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Keahlian Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2011/2012 berjumlah 105 siswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Minat Belajar, Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 36 siswa di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua, dan ketiga serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 4,703 > 1,658 dengan koefisien determinasi sebesar 0,415 yang artinya sebesar 41,5% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 5,731 > 1,658 dengan koefisien determinasi sebesar 0,336 yang artinya sebesar 33,6% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 5,561 > 1,658 dengan koefisien determinasi sebesar 0,480 yang artinya sebesar 48% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. (4). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar, Metode Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2011/2012 yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: 5,561 > 2,700 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,790 yang artinya sebesar 79% ketiga variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Persamaan garis regresi Y = 0,283X1 + 0,245X2 + 0,262X3+25,049. Kata Kunci : Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat Belajar, Metode Mengajar Guru, dan Lingkungan Keluarga.