%0 Thesis %9 S2 %A Putra, Ropa Saldi %A Dr. Widiyanto, M.Kes., %B Ilmu Keolahragaan %D 2024 %F UNY:80267 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K model pembelajaran, passing, bolavoli, motivasi %T Pengembangan Model Materi Pembelajaran Passing Bolavoli Berbasis Permainan Circuit untuk Meningkatkan Motivasi pada Mahasiswa %U http://eprints.uny.ac.id/80267/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan kontruksi model materi pembelajaran passing bolavoli berbasis permainan circuit untuk meningkatkan motivasi pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, (2) menguji kelayakan model materi pembelajaran passing Bolavoli berbasis permainan circuit untuk meningkatkan motivasi pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, (3) menguji efektivitas model materi pembelajaran passing Bolavoli berbasis permainan circuit untuk meningkatkan motivasi pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menerapkan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) potensi dan produk, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba skala kecil, (7) revisi skala kecil, (8) uji coba skala besar, (9) revisi skala besar, dan (10) produk akhir. Subjek uji coba validator terdapat dua ahli materi yaitu: Dr. Sujarwo, M.Or dan Nur Cholis Majid, M.Pd. subjek uji coba yang diterapkan kepada mahasiswa terdiri dari uji coba skala kecil melibatkan 44 mahasiswa dari Prodi IKOR 2023 Kelas A, pada uji coba skala besar melibatkan 74 mahasiswa dari Prodi IKOR 2023 Kelas B dan C. Sedangkan untuk uji efektivitas, subjek menggunakan 32 mahasiswa.. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) angket validasi, (2) alat dokumentasi, (3) instrumen produk, dan (4) instrumen motivasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, uji efektivitas dilakukan sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test). Uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji beda dengan uji t untuk menunjukkan perbedaan yang signifikan data antara pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini yaitu: (1) dihasilkan model materi pembelajaran passing Bolavoli berbasis permainan circuit 7 model materi. Model tersebut yaitu, Crab move passing, Side move passing, Bermuda triangle passing, Letter L passing, Front move passing, Letter T passing, Letter Z passing, (2) Terdapat dua ahli materi yang menilai materi pembelajaran passing berbasis circuit training, untuk ahli materi pertama sebesar 90.47% masuk dalam kategori sangat baik/sangat layak. Sedangkan ahli materi kedua sebesar 84.52% masuk dalam kategori sangat baik/sangat layak, dengan rata-rata kedua ahli materi sebesar 87,50% masuk kedalam kategori sangat baik/sangat layak, (3) Model materi pembelajaran passing berbasis circuit training dapat meningkatkan motivasi perkuliahan mahasiswa secara efektif, dengan nilai signifikansi < 0,05. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Widiyanto, M.Kes.