%T KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %D 2012 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan metode pembelajaran resitasi dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, (2) keefektifan metode pembelajaran resitasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, (3) perbedaan kemandirian belajar yang menggunakan metode pembelajaran resitasi, dan (4) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran resitasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pre-test-Post-test. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Populasi penelitian adalah kelas X yang berjumlah 178 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelompok kontrol (KK) dan kelompok eksperimen (KE). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil (1) Metode pembelajaran resitasi efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, dibuktikan t hitung pada kelompok eksperimen 6,354 dengan signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar awal dengan kemandirian belajar akhir. (2) Metode pembelajaran resitasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, dibuktikan t hitung pada kelompok eksperimen 16,145 dengan signifikansi 0,000, menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pre-test dengan post-test. (3) Kemandirian belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran resitasi lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional, dibuktikan t hitung 2,258 dengan signifikansi 0,028 dan rata-rata kemandirian belajar akhir pada kelompok eksperimen 71,586 sedangkan pada kelompok kontrol 68,071 (4) Hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran resitasi lebih tinggi daripada yang menggunakan metode konvensional, dibuktikan t hitung 2,421 dengan signifikansi 0,019 dan rata-rata hasil belajar akhir (post-test) pada kelompok eksperimen sebesar 68,276 sedangkan pada kelompok kontrol 62,679. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Resitasi, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar %A IPMAWATI SULFI %K Metode Pembelajaran Resitasi, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar %L UNY8025