@phdthesis{UNY80230, month = {December}, author = {Andi Abdurrahman Manggaberani and Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro}, title = {Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SMP.}, school = {Sekolah Pascasarjana}, year = {2023}, keywords = {Bahasa Inggris, Karakter, Pengembangan Instrumen, Penilaian}, url = {http://eprints.uny.ac.id/80230/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen penilaian pendidikan karakter pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa SMP dengan konstruksi yang baik; (2) mendeskripsikan kualitas instrumen penilaian pendidikan karakter pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa SMP yang telah dikembangkan; dan (3) mendeskripsikan hasil pengukuran penggunaan instrumen penilaian pendidikan karakter yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Proses pengembangan instrumen yang dilakukan terdiri atas; (1) tahap analisis, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Instrumen yang dikembangkan merupakan instrumen penilaian pada mata pelajaran Bahasa Inggris berbentuk self-assessment, subjek uji coba pertama dalam penelitian ini adalah 331 siswa kelas IX SMP Negeri di kota Yogyakarta. Subjek uji coba kedua adalah 210 siswa kelas IX SMP negeri di kota Yogyakarta. instrumen yang telah disusun divalidasi isi oleh ahli, dianalisis menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian ini adalah: (1) Komponen konstruk karakter dari instrumen yang dikembangkan terdiri atas 5 aspek yaitu integritas, tangguh, gotong royong, ketekunan, dan toleransi. Instrumen ini terdiri atas 17 butir pernyataan dengan menggunakan skala Likert. (2) instrumen yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan hasil validitas isi ditunjukkan oleh indeks Aiken sebesar 0,955 sedangkan hasil pengujian dengan CFA menunjukkan nilai loading factor pada tiap-tiap butir {\ensuremath{>}} 0,4 dan model pengukuran karakter siswa yang disusun fit dengan model yang diteorikan dengan pembuktian hasil nilai p-values = 0,056; CFI = 0,979; TLI = 0,972; RMSEA = 0,031; SRMR = 0,055 dengan hasil reliabilitas butir- butir dalam tiap dimensi/faktor {\ensuremath{>}} 0,7. (3) Hasil pengukuran karakter siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris menunjukkan dominasi karakter mulai berkembang sebanyak 46\%, diikuti oleh karakter berkembang sebanyak 35\%. Sementara karakter yang bersifat membudaya mencapai 14\%. Hanya sedikit siswa yang memerlukan bimbingan, dengan persentase sebesar 5\%.} }