TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Jannah, Lia Nur Y1 - 2024/01/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat sebagai gambaran untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran yang di terapkan terhadap keaktifan belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, dengan jenis Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sutoragan berjumlah 12 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V SD Negeri Jatiwangsan berjumlah 12 siswa sebagai kelas eksperimen. Objek penelitian ini berfokus pada keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta lembar skala keaktifan belajar siswa yang digunakan untuk mengetahui skor pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap keaktifan belajar Matematika siswa kelas V SD. Terdapat peningkatan rata-rata skor yang dilihat dari rata-rata skor pretest sebesar 105,17 dan rata-rata skor posttest sebesar 115,36. Uji hipotesis menghasilkan t hitung sebesar -2373 Dan sig. (2-tailed) sebesar 0,028. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar matematika siswa kelas V. Kata kunci: Teams Games Tournament, Keaktifan Belajar UR - http://eprints.uny.ac.id/80199/ ID - UNY80199 M1 - skripsi AV - restricted TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD ER -