@phdthesis{UNY8019, title = {PENGARUH CARA MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012}, author = {NURJANNAH SITI}, month = {June}, year = {2012}, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Cara Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. 2) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. 3) Cara Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul sejumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket/kuisioner. Metode dokumentasi untuk mengungkap data Prestasi Belajar Akuntansi, metode angket digunakan untuk mengungkap variabel Cara Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bambanglipuro dengan N= 30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach?s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Cara Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul tahun ajaran 2011/2012, dengan rx1y = 0,517; r2 x1y = 0,267; dan thitung sebesar 4,673 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul tahun ajaran 2011/2012, dengan rx2y = 0,891; r2 x2y = 0,795; dan thitung sebesar 15,242 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Cara Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul tahun ajaran 2011/2012, dengan Ry(1,2) = 0,902; R2 y(1,2) = 0,813; dan Fhitung sebesar 128,096 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,15. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan relatif dari variabel Cara Mengajar Guru sebesar 17,92\% dan variabel Lingkungan Keluarga sebesar 82,08\%. Sumbangan efektif sebesar 81,30\% di mana variabel Cara Mengajar Guru sebesar 14,57\% dan variabel Lingkungan Keluarga sebesar 66,73\%. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/8019/} }