<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI\r\nASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN\r\n1 KOTA MAGELANG"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana implementasi\r\nAssessment Based Learning dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas V\r\nSD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang, (2) Mengetahui peningkatan keterlibatan dan\r\npemahaman konsep siswa kelas V SD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang dengan\r\nimplementasi Assessment Based Learning.\r\nJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas secara kolaboratif\r\ndengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc\r\nTaggart. Subyek penelitian ini adalah guru dan 25 siswa kelas V SD Negeri\r\nCacaban 1 Kota Magelang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap\r\nsiklus terdiri atas 2 kali pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah observasi,\r\nkuesioner, tes, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar\r\nobservasi pembelajaran, lembar observasi keterlibatan siswa, kuesioner\r\nketerlibatan siswa, soal tes pemahaman konsep, dan pedoman wawancara siswa.\r\nTeknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif\r\nkualitatif.\r\nHasil penulisan menujukkan bahwa strategi Assessment Based Learning\r\ndapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep siswa dalam\r\npembelajaran matematika kelas V SD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang.\r\nPeningkatan keterlibatan siswa dapat dilihat dari hasil kuesioner keterlibatan\r\nsiswa. Sedangkan peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat dari hasil tes\r\npemahaman konsep. Hasil kuesioner menujukkan adanya kenaikan keterlibatan\r\nsiswa pada siklus I sebesar 77% menjadi 83% pada siklus II. Sedangkan hasil tes\r\npemahaman konsep menunjukkan peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I\r\nsebesar 84% meningkat pada siklus II sebesar 92%.\r\nKata Kunci: Assessment Based Learning, Keterlibatan Siswa, Pemahaman Konsep\r\nMatematis"^^ . "2024-01-16" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Lenia Dwi"^^ . "Normayani"^^ . "Lenia Dwi Normayani"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI\r\nASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN\r\n1 KOTA MAGELANG (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI\r\nASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN\r\n1 KOTA MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI\r\nASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN\r\n1 KOTA MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI\r\nASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN\r\n1 KOTA MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI\r\nASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN\r\n1 KOTA MAGELANG (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI\r\nASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN\r\n1 KOTA MAGELANG (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #80178 \n\nPENINGKATAN KETERLIBATAN DAN PEMAHAMAN KONSEP \nSISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI \nASSESSMENT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI CACABAN \n1 KOTA MAGELANG\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .